Pengertian Imsyak yang Sebenarnya oleh Ustadz Adi Hidayat, Lc, MA

382 views Leave a comment
Ustadz Adi Hidayat, Lc, MA

Dailymoslem – Terminologi imsyak dalam masyarakat kita seringkali diartikan sebagai pengingat waktu shubuh untuk umat Muslim yang melaksanakan puasa Ramadan. Jam imsyak biasanya sepuluh menit sebelum adzan shubuh yang menjadi penanda dimulainya puasa atau harus dihentikannya sahur.

Namun, pengertian tersebut ternyata masih salah kaprah. Menurut Ustadz Adi Hidayat, Lc, MA dalam ceramahnya, dikatakan bahwa secara bahasa imsyak merupakan kata lain dari shaum atau shiyam yang berarti puasa. Artinya, waktu imsyak merupakan penanda untuk memulai puasa dan berhenti sahur. Imsyak sendiri seharusnya berlangsung bersamaan dengan adzan shubuh.

Sedangkan pengingat waktu shubuh yang kita kenal dengan nama ‘imsyak‘ selama ini seharusnya diberi nama¬†‘tanbiihun,’ yaitu untuk mengingatkan para kaum Muslim untuk mulai bersiap-siap menghentikan makan dan minum karena sebentar lagi akan masuk waktu imsyak atau adzan shubuh, sehingga kita tidak kaget dan langsung menghentikan makan saat adzan shubuh berkumandang.

Berikut penjelasan lebih lengkapnya dari Ustadz Adi Hidayat, Lc, MA.

(Visited 111 times, 1 visits today)