Kaya VS Miskin (Siapa Yang Lebih Mudah Berbagi)

78 views Leave a comment
Kaya VS Miskin (Siapa Yang Lebih Mudah Berbagi)

Dailymoslem – Berbagi merupakan hal yang sangat mulia dan sangat dianjurkan untuk dilakukan pada sesama makhluk hidup di dunia. Sayang, sifat manusia yang cenderung rakus membuatnya enggan untuk berbagi. Padahal mungkin hidup dan mati seseorang bergantung pada pemberian tersebut.

Secara logika orang yang memiliki kelebihan (harta) seharusnya lebih mudah untuk berbagi, karena ia tak perlu lagi memikirkan kebutuhan hidupnya. Dibandingkan dengan mereka yang kekurangan yang diharuskan berpikir lebih keras untuk memenuhi kebutuhannya dalam sehari.

Namun ternyata fakta di lapangan berbanding terbalik. Sebuah percobaan mengenai perilaku ‘orang kaya’ dan ‘orang miskin’ menunjukkan fakta yang mencengangkan. Video yang berdurasi 3:34 menit ini memperlihatkan bahwa mereka yang dipandang miskin malah lebih mudah untuk berbagi daripada pria ber-jas rapi.

Dalam video terlihat seorang lelaki berpura-pura meminta donasi untuk membangun rumah singgah bagi tuna wisma. Ia meminta bantuan pada orang-orang yang kemungkinan berkecukupan di jalanan umum. Ternyata, tidak ada satu pun dari mereka yang menanggapinya. Kata ‘tidak’ , ‘maaf” atau bahkan berlalu pergi adalah reaksi yang mereka tunjukkan.

Di luar dugaan, ketika percobaan dilakukan pada mereka yang dikatakan kekurangan memberikan tanggapan yang berbeda. Tidak perlu mendapatkan penjelasan terlalu panjang, mereka langsung memberikan uang yang didapatkan hari itu.

Salah satu dari mereka berkata “Saya selalu ditolong oleh orang, oleh karena itu saya harus menolong juga.” tuturnya.

Masya Allah. Terkadang mereka yang berada dalam kekurangan malah lebih mudah memberi daripada mereka yang ada dalam kelebihan.

(Visited 189 times, 1 visits today)