Universitas Pertama Di Dunia Ternyata Didirikan Oleh Seorang Wanita Muslim, Fatima Al Fihri

143 views Leave a comment
Universitas Pertama Di Dunia Ternyata Didirikan Oleh Seorang Wanita Muslim, Fatima Al Fihri

Dailymoslem – Meski saat ini umat Muslim harus menghadapi berbagai pandangan miring di dunia barat, nyatanya di masa lalu, orang-orang Islamlah yang menjadi penemu berbagai ilmu pengetahuan yang membawa kemajuan umat manusia.

Mulai dari ilmu kedokteran, ilmu sosiologi, semua dibawa oleh orang Islam. Bahkan pendiri universitas pertama di dunia adalah seorang Muslim, tepatnya seorang wanita Muslim yang berasal dari Tunisia.

Ia adalah Fatima Al Fihri, putri dari seorang saudagar kaya bernama Mohammed, dilahirkan pada tahun 800 atau

Universitas Pertama Di Dunia Ternyata Didirikan Oleh Seorang Wanita Muslim, Fatima Al Fihri
Ilustrasi Fatima Al Fihri via Mvslim.com

tepatnya pada 1215 tahun yang lalu. Mohammed berasal dari keluarga Muslim di Tunisia yang miskin, namun Mohammed kemudian berpindah ke ke Fes, Maroko untuk berdagang dan berhasil menjadi seorang saudagar kaya.

Selama hidupnya, Fatima dikenal sebagai “the lady of Fez,” (Ratunya Fes, red.) dan juga “the mother of boys,” (ibu para lelaki, red.)

Ketika sang ayah meninggal, Fatima dan saudara perempuannya Maryam mendapat banyak warisan dari harta yang ditinggalkan ayahnya. Keduanya memutuskan untuk menggunakan uang warisan tersebut untuk membangun sesuatu yang dapat membawa nama baik bagi Islam.

(Baca juga: Kisah Luis Ibrahim, Meninggalkan Gemerlap Dunia Modeling Demi Cintanya Kepada Masjid)

Maryam menggunakan uangnya untuk membuat sebuah masjid yang bernama Al Andalus, sedangkan Fatima menggunakan uangnya untuk membangun sebuah ruang pendidikan yang mempelajari berbagai ilmu secara khusus atau yang sekarang dikenal dengan nama universitas. Fatima menamainya Al Qarrawiyyin University yang dibangun pada tahun 859.

Bentuk bangunannya yang mirip masjid membuat banyak orang beranggapan bahwa bangunan ini tadinya adalah masjid yang kemudian berkembang menjadi sebuah masjid. Al-Qawwariyyin Universitiy juga menyediakan berbagai ilmu umum seperti Geologi, Astrologi, Grammar, Kimia, Kedokteran, Matematika dan bahkan Musik. Oleh karenanya, tak hanya orang Muslim yang belajar di universitas ini, ada juga beberapa orang Eropa non-muslim yang belajar di universitas ini.

Selain merupakan sebuah pencapaian besar dalam sejarah Islam, berdirinya Al-Qarrawiyyin University ini juga menjadi jalan untuk membaurkan umat Muslim dengan orang Eropa, bahkan menyediakan pendidikan untuk orang Eropa.

(Baca juga: Bank Syariah Pertama Di Jerman)

Fatima Al Fihri meninggal pada tahun 880 atau sekitar 1135 tahun yang lalu, namun Al-Qarrawiyyin masih berdiri sebagai salah satu universitas bergengsi di Maroko. Bagi masyarakat Maroko, Fatima dikenal sebagai salah satu tokoh yang banyak diidolakan karena kecerdasan dan ambisinya.

(Visited 169 times, 1 visits today)