Sri Rahayu: Saya Melihat Kepala Yang Dipenggal. Ingin Pulang Tapi Tak Bisa, Saya Terjebak

959 views Leave a comment
Sri Rahayu: Saya Melihat Kepala Yang Dipenggal. Ingin Pulang Tapi Tak Bisa, Saya Terjebak

Dailymoslem – Membaca kabar dari tanah Suriah sungguh membuat hati bergetar. Banyak sekali orang yang tak berdosa harus kehilangan nyawa. Bahkan bukan hanya orang dewasa yang jadi korban, anak kecil yang mungkin baru bisa berjalan saja sudah ditodong dengan senjata laras panjang dikepalanya.

Tak heran, baru membaca atau melihat foto-foto Suriah yang tersebar di media sudah membuat banyak orang berderai air mata. Apalagi orang yang benar-benar melihat kebrutalan tersebut di depan mata, seperti kisah wanita satu ini.

Namanya, Sri Rahayu. Wanita asal Indonesia yang terkepung peperangan Suriah. Sri nekad menjadi tenaga kerja wanita disana, demi menghidupi keluarganya di Sumbawa.

Saat pertamakali menginjak Suriah, Sri bekerja menjaga kakek berusia 75 tahun di kota Raqqa. Pekerjaan yang dilakukanpun diakuinya cukup mudah, bahkan rasanya seperti di Indonesia. Namun, setelah ISIS masuk semuanya berubah.Suasana terasa jadi lebih mencekam. Kala itu majikannya, langsung membuat terwongan bawah tanah dari dalam rumah saat ISIS mulai menjatuhkan serangan udara.

Sri pun menceritakan bahwa dirinya tak bisa tidur selama belasan hari, karena terbayang kepala-kepala yang terpenggal di pasar kala ia membeli sayur mayur. Ketika itu, ia pikir orang-orang yang berkerumun sedang melakukan shooting. Nyatanya, disana berjejer delapan kepala dengan darah yang masih mengalir segar.

Butuh waktu setahun untuk Sri dapat keluar dari daerah yang dikepung ISIS. Dari Raqqa, Sri dan perwakilan dari KBRI menempuh perjalanan hampir enam hari untuk mencapai penampungan di Aleppo. Sebelum dipulangkan ke Indonesia pada Juni 2016, Sri harus tinggal selama enam bulan di Aleppo dan Damaskus.

Kisah Sri Rahayu ini kemudian dibuat animasi pendek oleh tim BBC Indonesia. Berikut videonya.

 

(Visited 1 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]