Kebiasaan Makan Seperti Ini Wajib Dihindari

66 views Leave a comment
Kebiasaan Makan Seperti Ini Wajib Dihindari

Dailymoslem  – Selain memilih makanan yang sehat, penting sekali untuk kita memperhatikan bagaimana cara kita makan setiap harinya. Apakah kita makan dengan tata cara yang benar atau melakukannya dengan sembarangan.

Kebiasaan makan tersebut tak dapat dipungkiri mempengaruhi kesehatan tubuh. Mulai dari mempengaruhi proses pencernaan hingga bobot tubuh kita. Lalu apa sajakah, kebiasaan makan yang harusnya dihindari?

Makan sambil melakukan hal lain

Mungkin kita pernah melakukan makan sambil menonton televisi atau sambil mengerjakan tugas ataupun sambil menyetir mobil. Meskipun hal ini bisa menghemat waktu, tetapi ada dampak buruk yang dapat kamu rasakan jika hal ini menjadi kebiasaan.

Makan sambil melakukan hal lain dapat membuat kita lebih gemuk, karenakita akan lebih fokus pada hal lain yang sedang kita kerjakan. Alhasil, kita tidak sadar telah mengkonsumsi porsi yang lebih banyak.

Makan terburu-buru

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam sebagai panutan umat muslim telah mencontohkan untuk mengunyah makanan sebanyak 33 kali. Hal ini dilakukan agar organ pencernaan tidak bekerja terlalu keras untuk mengolah makanan yang dikonsumsi. Jika kita makan terburu-buru, maka makanan yang dikonsumsi tidak akan terkunyah dengan baik sehingga memberatkan sistem pencernaan kita.

 

Terlalu banyak gula dan karbohidrat

Makanan yang kita konsumsi, haruslah dapat memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Olehkarena itu, usahakan untuk mengkonsumsi sayuran, buah, protein, karbohidrat dengan porsi yang seimbang. Hindari makanan yang terlalu banyak mengandung gula, karena membuat tubuh tidak bisa menyerap nutrisi yang dibutuhkannya.

Pola makan yang teratur

Selama ini mugkin kita makan sesuai mood. Jika tidak merasa lapar sama sekali meskipun sudah masuk waktu makan, seringkali kita melewatkan waktu makan tersebut. Namun sebaiknya hal ini tidak dilakukan. Sesuai anjuran Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam, makanlah sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang.

Jangan tidur setelah makan

Ada baiknya, kamu memberi jarak waktu tidur dan makan setidaknya 2 jam. Jarak antara makan dan tidur yang terlampau dekat akan membuat sistem pencernaan tidak memiliki waktu yang cukup untuk mencerna makanan.

Nah, poin-poin diatas merupakan hal yang sebaiknya dihindari agar makanan sehat yang dikonsumsi dapat memberikan efek yang besar bagi tubuh.

 

 

(Visited 82 times, 1 visits today)