5 Cara Mengatasi Stress Saat Hamil

86 views Leave a comment
3 Cara Cerdaskan Anak Sejak Dalam Kandungan

Dailymoslem – Pada saat hamil, Ibu harus sebisa mungkin mengelola emosi karena kondisi psikis ibu akan memengaruhi kondisi psikis anak kelak. Dari dalam kandungan, anak akan ikut merasakan naik turun emosi yang dirasakan Ibu, itulah pentingnya menjaga perasaan agar tetap berbahagia di sepanjang kehamilan.

Berikut ini beberapa hal yang bisa Ibu lakukan untuk mengatasi stress saat hamil dilansir dariĀ babycentre.co.uk.

Fokus Pada Bayi dan Istirahat yang Cukup

Di usia kehamilan, pastikan konsentrasi Ibu tidak terbagi terlalu banyak. Fokuskan diri dan pikiran pada kandungan dan istirahat yang cukup agar badan tetap fit untuk mendukung kesehatan janin. Ibu juga bisa mulai menjalin kedekatan dengan bayi dengan cara mengajak bicara, menyanyikan lagu atu mengaji untuknya. Di usia kehamilan 23 minggu, bayi sudah dapat mendengar suara kita.

Pastikan Punya Teman Curhat

Apapun yang Ibu rasakan selama kehamilan, pastikan Ibu punya teman curhat yang tepat untuk membagi berbagai keluh kesah. Ibu juga harus memiliki teman curhat yang bisa memperbaiki suasana hati dan menanggapi curhat Ibu dengan bijak. Dalam hal ini, suami harus menjadi tempat curhat yang paling tepat agar Ibu bisa menceritakan semua hal sedetail-detailnya. Bercerita soal rumah tangga pada orang luar dengan terlalu detail dikhawatirkan akan menyebarkan aib keluarga.

Perhatikan Asupan Gizi dan Kebutuhan Cairan Tubuh

Pola makan juga ternyata bisa memengaruhi stabilitas emosi. Makanan yang kaya asam lemak esensial omega-3, vitamin dan mineral sangat disarankan untuk dikonsumsi selama hamil. Asam lemak omega-3 dalam minyak ikan dan makanan laut juga bisa membantu meredakan depresi.

Selain itu, asam amino triptofan juga dapat memperbaiki mood Ibu. Triptofan dapat meningkatkan akdar kandungan melatonin dan serotonin di otak yang dapat membantu Ibu tidur lebih nyenyak dan perasaan menjadi lebih nyaman. Tubuh tidak bisa memproduksi sendiri triptofan sehingga harus didukung dengan makanan yang tepat. Triptofan dapat ditemukan di biji-bijian, kacang-kacangan, daging ayam, ikan, telur, yogurt dan keju.

Perhatikan juga kebutuhan cairan tubuh karena dehidrasi dapat menyebabkan Ibu menjadi mudah tersinggung dan emosi tidak stabil. Tak hanya itu, dehidrasi juga bisa memberi efek kepala pusing. Minumlah setidaknya 1,5 liter setiap harinya untuk menghindari dehidrasi.

Olahraga

Olahraga bisa mengeluarkan hormon endorfin yang dapat memberikan rasa bahagia dan memperbaiki suasana hati. Untuk ibu hamil, pilih olahraga yang tepat seperti berenang, yoga atau senam hamil yang dipandu oleh pelatih yang berpengalaman.

Tertawa

Pastikan Anda memiliki waktu untuk meluapkan kebahagiaan atau membuat hati menjadi lebih bahagia dengan tertawa. Kebahagiaan tersebut akan tertular pada janin dan membentuk pribadi yang ceria. Temukan hiburan atau lakukan sesuatu yang bisa membuat Ibu tertawa.

(Visited 95 times, 1 visits today)