Tatacara dan Bacaan Sujud Sahwi

186 views Leave a comment
Tata Cara Sujud Sahwi dan Bacaan Sujud Sahwi

Dailymoslem – Sujud sahwi dilakukan jika ada rakaat shalat yang terlewat, rakaat yang salah, rakaat yang berlebih, bacaan yang terlewat ataupun ragu-ragu saat shalat. Berikut ini tata cara sujud sahwi dan bacaan sujud sahwi.

Tata Cara Sujud Sahwi

Sujud sahwi dilakukan pada saat sebelum salam atau sesudah salam. Kedua cara ini dilakukan oleh Rasulullah SAW. 

Dalam Fiqhus-Sunnah, beliau menjelaskan: “Sujud sahwi dilakukan sebanyak dua kali sujud, baik sebelum atau sesudah salam, Kedua cara ini memang diajarkan oleh Rasulullah saw.”

Dari Sa’ad al-Khudri, Nabi saw. bersabda: “Apabila salah seorang di antara kamu ragu-ragu dalam salatnya sehingga tidak dapat memastikan berapa rakaatkah yang telah ia kerjakan, tiga atau empat rakaatkah, maka sebaiknya ia meninggalkan apa yang diragukannya dan tetap pada apa yang ia yakini, kemudian sujudlah sebanyak dua kali sebelum salam.” (HR Bukhari dan Muslim)

Bacaan Sujud Sahwi

Sebagian ulama menganjurkan do’a ini ketika sujud sahwi,

سُبْحَانَ مَنْ لَا يَنَامُ وَلَا يَسْهُو

Subhana man laa yanaamu wa laa yas-huw” (Maha Suci Dzat yang tidak mungkin tidur dan lupa).

Namun dzikir sujud sahwi di atas cuma anjuran saja dari sebagian ulama dan tanpa didukung oleh dalil. Ibnu Hajar rahimahullah mengatakan,

قَوْلُهُ : سَمِعْت بَعْضَ الْأَئِمَّةِ يَحْكِي أَنَّهُ يَسْتَحِبُّ أَنْ يَقُولَ فِيهِمَا : سُبْحَانَ مَنْ لَا يَنَامُ وَلَا يَسْهُو – أَيْ فِي سَجْدَتَيْ السَّهْوِ – قُلْت : لَمْ أَجِدْ لَهُ أَصْلًا .

Perkataan beliau, “Aku telah mendengar sebagian ulama yang menceritakan tentang dianjurkannya bacaan: “Subhaana man laa yanaamu wa laa yas-huw” ketika sujud sahwi (pada kedua sujudnya), maka aku katakan, “Aku tidak mendapatkan asalnya sama sekali.” (At Talkhis Al Habiir, 2/6)

Sehingga yang tepat mengenai bacaan ketika sujud sahwi adalah seperti bacaan sujud biasa ketika shalat. Bacaannya yang bisa dipraktekkan seperti,

سُبْحَانَ رَبِّىَ الأَعْلَى

Subhaana robbiyal a’laa” [Maha Suci Allah Yang Maha Tinggi]

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ رَبَّنَا وَبِحَمْدِكَ ، اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى

Subhaanakallahumma robbanaa wa bi hamdika, allahummagh firliy.” [Maha Suci Engkau Ya Allah, Rabb kami, dengan segala pujian kepada-Mu, ampunilah dosa-dosaku.]

(Visited 163 times, 1 visits today)