Saat Terlilit Hutang, Bacalah Do’a Ini

105 views Leave a comment
Saat Terlilit Hutang, Bacalah Do'a Ini

Dailymoslem – Sebagai umat Muslim, kita memiliki Qur’an dan Hadits sebagai panduan untuk menghadapi berbagai cobaan dalam hidup ini. Segala sesuatu telah ada petunjuk dan jawabannya di dalam Al-Qur’an dan Hadits. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman yang artinya:

Allah SWT berfirman: “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo`a apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah) Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran,” (QS. Al-Baqarah ayat 186).

Maka ketika kita sedang ditimpa kesusahan dan kesulitan hidup, selain berusaha juga kita bisa berdo’a dan meminta kemudahan kepada Allah, karena sesungguhnya Allah itu dekat dan mengabulkan permohonan orang yang berdo’a.

Termasuk ketika kita sedang dililit hutang. Sebuah hadits menceritakan ketika Abu Umamah sedang dililit hutang dan Rasulullah Salallahu ‘alaihi wa Salam mengajarkannya do’a untuk menghadapi kebingungan dan kesusahan.

Abu Said Al-Khudhri radhiyallahu’anhu bertutur, “Pada suatu hari Rasulullah shallallahu’alaih wa sallam masuk masjid. Tiba-tiba ada seorang sahabat bernama Abu Umamah radhiyallahu ’anhu sedang duduk di sana. Beliau bertanya, ‘Wahai Abu Umamah, kenapa aku melihat kau sedang duduk di luar waktu shalat?’ Ia menjawab, ‘Aku bingung memikirkan hutangku, wahai Rasulullah.’ Beliau bertanya, ‘Maukah aku ajarkan kepadamu sebuah do’a yang apabila kau baca maka Allah ta’aala akan menghilangkan kebingunganmu dan melunasi hutangmu?’ Ia menjawab, ‘Tentu, wahai Rasulullah.’ Beliau bersabda, ‘Jika kau berada di waktu pagi maupun sore hari, bacalah do’a:

“Allahumma inni a’udzubika minal hammi wal hazani wa a’udzubika minal ‘ajzi wal kasali wa a’udzubika minal jubni wal bukhli wa a’udzubika min ghalabatiddaini wa qahrirrijali”

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang dan kesewenang-wenangan manusia.”

Kata Abu Umamah, ‘Setelah membaca do’a tersebut, Allah ta’aala berkenan menghilangkan kebingunganku dan membayarkan lunas hutangku’,” (HR. Abu Dawud 4/353).

(Visited 257 times, 1 visits today)