Khadijah, Istri Rasulullah yang Tak Pernah Dipoligami

220 views Leave a comment
Khadijah, Istri Rasulullah yang Tak Pernah Dipoligami

Dailymoslem – Seperti kita ketahui, Rasulullah memiliki beberapa istri yang dinikahinya seperti Khadijah, Aisyah, Sudah dan masih banyak lagi. Namun, Nabi menikah berkali-kali bukan untuk memenuhi nafsunya semata, seringkali Nabi justru menikahi janda-janda tua yang suaminya gugur dalam perang.

Selain Aisyah yang begitu disayangi Nabi, istri yang juga sangat dicintainya adalah Khadijah binti Khuwailid. Beliau adalah satu-satunya istri Rasulullah yang tidak pernah dipoligaminya.

Khadijah menikah dengan Rasulullah saat dirinya berusia 40 tahun, sementara Rasulullah berusia 25 tahun. Pada saat itu, Rasulullah yang ahli dalam berdagang dan dijuliki Al-Amin karena kejujurannya turut juga mendagangkan barang-barang dagangan milik Khadijah yang seorang saudagar kaya.

Saat itu Khadijah telah menjadi janda setelah ditinggal wafat oleh 2 suaminya terdahulu, yaitu Abi Haleh Al Taimmy dan Otaeq Almakzomy. Uniknya lagi, di pernikahan tersebut Khadijah-lah yang pertama kali mengutarakan maksud untuk menikah dengan Rasulullah. Khadijah tertarik dengan kejujuran dan berbagai sifat istimewa Rasulullah. Dengan bantuan orang ketiga yaitu Nafisah binti Munyah, maka akhirnya merekapun menikah.

Kisah cinta mereka juga bukan tanpa rintangan. Sikap Khadijah yang melamar Rasulullah lebih dulu banyak dikecam oleh kerabat dan keluarganya sendiri, karena berdasarkan adat yang berlaku di Arab saat itu, pantang hukumnya seorang perempuan meminang laki-laki. Namun, Khadijah tetap melakukannya dan melawan pantangan yang tidak ada dasarnya tersebut.

Rasulullah juga melawan pantangan orang Arab pada waktu itu untuk menikah di bulan Syawwal. Beliau menikahi Aisyah binti Abu Bakar di bulan Syawwal. Beliau menunjukkan bahwa pantangan-pantangan yang tidak ada dasarnya tersebut tidak dikenal dalam Islam.

Khadijah adalah orang yang menyelimuti Rasulullah ketika beliau mendapatkan wahyu pertamanya yaitu ayat pertama surat Al-Iqra yang berarti “bacalah.” Khadijah adalah orang yang mendampingi Rasulullah di masa awal kenabiannya. Khadijah adalah orang pertama yang mengakui kenabian Rasulullah dan juga perempuan pertama yang memeluk Islam.

Semasa hidupnya, Khadijah terus membelanjakan uangnya di jalan Allah untuk membantu Rasulullah menyebarkan agama Allah. Dari pernikahannya dengan Khadijah, Rasulullah dikaruniai 4 orang anak, yaitu Zainab, Ruqayyah, Ummu Kultsum dan Fatimah.

Hingga Khadijah dipanggil oleh Allah, Rasulullah tidak pernah menikah lagi. Baru setelah Khadijah wafat, salah seorang sahabat Nabi menyarankan pada beliau untuk menikah lagi dengan Aisyah binti Abu Bakar.

(Visited 477 times, 1 visits today)