Adab Menjamu Tamu Dalam Islam

187 views Leave a comment
Adab Menjamu Tamu Dalam Islam

Dailymoslem – Islam merupakan agama yang penuh kedamaian dan menyebarkan kebaikan. Berbagi pada sesama merupakan salah satu ajaran Islam yang dicontohkan oleh Rasulullah selama hidupnya, termasuk untuk menjamu tamu yang datang ke rumahnya.

Rumah Rasulullah yang sederhana selalu didatangi oleh tamu dari berbagai lapisan masyarakat. Mulai dari orang kaya yang membawa kabar gembira, tamu biasa, hingga tamu yang datang untuk berkeluh kesah pada Rasulullah atas kesusahan hidupnya.

Rasulullah juga mencontohkan untuk selalu menjamu tamu dengan makanan-makanan yang baik-baik. Bahkan ketika di rumahnya tidak ada apa-apa untuk disuguhkan, Rasulullah lebih memilih untuk menjamu tamu daripada makan untuk diri sendiri.

Seorang sahabat Rasulullah yang merupakan lelaki Anshor pernah dikunjungi tamu sementara di rumahnya tidak ada makanan yang bisa disuguhkan, hanya ada makanan untuk satu orang saja. Namun, lelaki Anshor tersebut lebih memilih untuk menyuguhkan makanan tersebut pada tamunya, sementara ia berpura-pura makan sambil menemani tamunya di dalam gelap.

Baca cerita selengkapnya di sini.

(Visited 196 times, 1 visits today)