Keutamaan Membaca Al-Qur’an untuk Pembaca maupun Pendengarnya

880 views Leave a comment
FI-Keutamaan Membaca Al-Qur'an untuk Pembaca maupun Pendengarnya

Dailymoslem – Al-qur’an merupakan pedoman yang menjawab semua pertanyaan dalam kehidupan dan menjadi penuntun hingga akhir zaman.

Sebagai seorang muslim, wajib hukumnya membaca kitab suci yang turun ke pada Rasullullah saw ini, apalagi jika setiap orang mau berdekatan dengan Al-qur’an dan senantiasa berusaha mengamalkan setiap ayat yang ada di dalamnya.

Maka dari itu, dianjurkan untuk membaca Al-qur’an minimal beberapa menit saja dalam satu hari, mungkin setelah shalat atau di sela-sela waktu luang. Membaca Al-qur’an juga memberi berbagai kebaikan bagi yang membaca maupun yang mendengarkannya. Berikut beberapa keutamaan membaca Al-Qur’an yang perlu kita ketahui.

Pahala Bagi Yang Menjalankannya

Sabda Nabi Muhammad saw: “Sebaik-baik kalian adalah siapa yang memperlajari Al-qur’an dan mengamalkannya.” (HR. Bukhari).

Memberi Kehormatan pada Kedua Orangtua

“Siapa yang membaca Al-Qur’an dan beramal dengan isi kandungannya, dianugerahkan kedua ibu bapaknya mahkota di hari kiamat. Cahayanya (mahkota) lebih baik dari cahaya matahari di rumah-rumah dunia. Kalaulah demikian itu matahari berada di rumahmu (dipenuhi dengan sinarnya), maka apa sangkaan kamu terhadap yang beramal dengan ini (al-Qur’an).” (HR. Abu Daud).

Mendapat Satu Kebaikan untuk Setiap Satu Ayat

“Siapa saja membaca satu huruf dari Kitab Allah (Al-Qur’an), maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya.” (HR. At-Tirmidzi)

Rasulullah saw bersabda: “Barang siapa yang membaca satu huruf kitab Allah, maka ia akan mendapatkan satu kebaikan dengan huruf itu, dan satu kebaikan akan dilipatgandakan menjadi sepuluh. Aku tidaklah mengatakan Alif Laam Miim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan Mim satu huruf.” (HR. Tirmidzi).

“Perumpamaan orang yang membaca al-Qur’an sedang ia hafal dengannya bersama para malaikat yang suci dan mulia, sedang perumpamaan orang yang membaca al-Qur’an sedang ia senantiasa melakukannya meskipun hal itu sulit baginya maka baginya dua pahala.” (Muttafaq ‘alaih).

Mendapat Ketenangan

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

“… dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS.13:28).

Mendapat Syafaat di Hari Kiamat

Diriwayatkan Abu Hurairah, Rasulullah bersabda:

“Siapa yang medengar satu ayat daripada Kitab Allah Ta’ala (al-Qur’an) ditulis baginya satu kebaikan yang berlipat ganda. Siapa yang membacanya pula, baginya cahayanya di hari kiamat.”

Menyehatkan Tubuh

“Hendaknya kamu menggunakan kedua obat-obat: madu dan Al-Qur’an” (HR. Ibnu Majah dan Ibnu Mas’ud).

(Visited 1 times, 1 visits today)