Inilah Do’a Mustajab yang Selalu Dilafalkan Rasulullah Pada Saat Sujud

609 views Leave a comment
Inilah Do'a Mustajab yang Selalu Dilafalkan Rasulullah Pada Saat Sujud

Dailymoslem – Pada saat melakukan sholat baik wajib maupun sunnah, posisi sujud adalah posisi terbaik karena di saat inilah seorang hamba berada di tempat yang paling dekat dengan Rabb-nya.

Hal ini tertulis dalam hadits sahih Muslim:

Adapun pada waktu sujud, maka bersungguh-sungguhlah berdoa sebab saat itu sangat tepat untuk dikabulkan”. (Shahih Muslim, kitab Shalat bab Nahi An Qiratul Qur’an fi Ruku’ wa Sujud 2/48)

Maka, di saat inilah disarankan bagi kita untuk berdoa dengan sungguh-sungguh, karena pada saat seorang hamba begitu dekat dengan Rabb-nya, maka di situlah lebih besar kemungkinan untuk dikabulkannya do’a atau waktu mustajab untuk berdo’a.

“Bahwasanya Rasulullah saw bersabda : Hamba yang paling dekat kepada Tuhannya adalah hamba yang sedang sujud, maka perbanyaklah do’a oleh kamu sekalian pada waktu sujud,” (HR. Muslim)

Rasulullah sendiri juga biasa melafalkan do’a-do’a tertentu pada saat sedang Ruku’. Beliau sering mengulang-ulang do’a tersebut.  Diriwayatkan Muslim dari Aisyah bahwa Aisyah berkata :

Bahwasanya Rasulullah saw memperbanyak do‘a pada waktu ruku’ dan sujudnya dengan membaca : “Subhanaka Allahumma rabbana wa bihamdika Allahummagfirli,” (HR. Muslim)

Bisa juga memperbanyak doa ini :

“Diriwayatkan dari Hudaifah ra ia berkata : Aku pernah salat bersama Nabi saw, di dalam rukuknya beliau membaca : Subhaana rabbiyal-‘adziim dan dalam sujudnya: Subhana rabbiyal-a’la,” (HR. Muslim)

Adapun diriwayatkan dari Aisyah ia berkata : Bahwasanya Rasulullah saw dalam rukuk dan sujudnya beliau membaca : Subbuhun Quddusun Rabbul Malaikati war-Ruuh,”(HR. Muslim)

(Visited 514 times, 4 visits today)