Keutamaan dan Niat Puasa Arafah Tanggal 9 Dzulhijjah

1899 views Leave a comment
Keutamaan dan Niat Puasa Arafah Tanggal 9 Dzulhijjah

Dailymoslem – Bulan Dzulhijjah merupakan bulan dimana umat Muslim berbondong-bondong melakukan ibadah haji ke tanah suci. Adapun mereka yang belum mampu menunaikan ibadah haji dapat melakukan ibadah-ibadah lainnya yang keutamannya tak kalah besar dengan ibadah haji.

Salah satunya adalah puasa Arafah yang pelaksanaannya berbarengan dengan ibadah wukuf yang dilaksanakan para jama’ah haji di Arafah.

Keutamaan Puasa Arafah

Puasa Arafah dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah atau yang bertepatan pada hari Rabu, 23 September 2015 di kalender Masehi kali ini.

Melakukan puasa Arafah di tanggal 9 Dzulhijjah memiliki keutamaan tersendiri yaitu dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun yang datang.

Dari Abu Qotadah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ

Puasa Arofah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162)

Niat Puasa Arafah

Setiap ibadah puasa tentunya memiliki bacaan niatan tersendiri tergantung setiap tujuannya masing-masing. Adapun niat untuk melakukan puasa Arafah adalah:

“Nawaitu Sahauma Arafata Sunnatan lillahita’aala” Artinya Niat saya puasa Arafah sunnah karena Allah ta’ala.

Semoga Allah selalu memberkahi hamba-hambaNya yang beramal shaleh. Aamiin.

(Visited 837 times, 4 visits today)