Bagaimana Hukumnya Hewan yang Disembelih Dengan Mekanisme Pemingsanan?

107 views Leave a comment
Bagaimana Hukumnya Hewan yang Disembelih Dengan Mekanisme Pemingsanan?

Dailymoslem – Meningkatnya permintaan akan daging hewan dan juga teknologi yang kian berkembang membuat banyak pekerjaan manusia banyak dimudahkan, salah satunya adalah dalam hal penyembelihan hewan seperti sapi dengan cara pemingsanan.

Di barat, cara ini sudah banyak digunakan. Dengan cara ini, sapi disembelih dengan cara dipingsankan terlebih dulu. Cara penyembelihan ini juga memudahkan para jagal karena tentunya tidak perlu memakan waktu lama untuk menjinakkan dan menyembelih satu sapi. Sehingga para jagal bisa dengan mudah menyembelih beberapa sapi dalam waktu singkat tanpa terlalu banyak usaha.

Persoalan ini juga telah menarik perhatian MUI dengan ditetapkannya fatwa yang dibahas pada sidang Komisi Fatwa MUI yang dilaksanakan pada tanggal 24 Syawal 1396 H/18 Oktober 1976. Menurut fatwa tersebut, pemingsanan hewan sebelum disembelih merupakan perbuatan ihsan kepada hewan yang disembelih.

Perbuatan ihsan terhadap hewan juga merupakan ajaran Nabi dan memenuhi persyaratan ketentuan syar’i. Hukumnya juga sah dan halal asalkan sesuai dengan syarat penyembelihan hewan dalam Islam, yaitu dengan menyabut nama Allah ketika melakukan penyembelihan.

Selengkapnya baca di sini.

(Visited 132 times, 1 visits today)