Subhanallah, Inilah Ganjaran Untuk Mereka yang Mampu Menahan Amarah

133 views Leave a comment
Subhanallah, Inilah Ganjaran Untuk Mereka yang Mampu Menahan Amarah

Dailymoslem – Jihad pertama yang bisa kita lakukan adalah memerangi ego kita sendiri, memerangi keinginan kita untuk menang dari orang lain, apalagi ketika kita dalam keadaan marah.

Namun, tidak banyak orang yang dapat memerangi jihad yang satu ini, saking tingginya nafsu untuk memuaskan ego. Padahal, menahan amarah merupakan salah satu nasihat dari Rasulullah yang diucapkan hingga berkali-kali, menandakan pentingnya amalan yang satu ini.

“Dari Abu Hurairah r.a. sesungguhnya seseorang bertanya kepada Rasulullah saw. : (Ya Rasulallah) nasihatilah saya. Beliau bersabda : Jangan kamu marah. Seseorang itu menanyakan hal itu berkali-kali. Maka beliau bersabda : Jangan engkau marah.” (HR. Bukhori )

Seperti kata pepatah, semua yang diawali dengan kemarahan akan diakhiri dengan rasa malu. Tidak ada yang kita dapatkan dari marah-marah kecuali pengucilan dari lingkungan sekitar yang jengah melihat amarah kita, sampai perbuatan tidak terkontrol yang mungkin tanpa kita sadari telah menyakiti orang lain, mendzhalimi orang lain.

Bahkan, marah-marah juga bisa  mempengaruhi syaraf di otak dan mematikan ribuan sel di tubuh, membuat kita jadi cepat tua. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman yang artinya:

“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema’afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.” (QS. Ali Imron : 133-134)

Ganjaran untuk orang yang mampu menahan amarah juga tak tanggung-tanggun, Rasulullah bersabda, surga ganjarannya. Subhanallah.

“Ya Rasulallah, tunjukkan kepadaku suatu amal yang dapat memasukkanku ke surga. Rasul menjawab :”jangan marah, maka untukmu surga”.” (HR. Thabrani)

(Visited 204 times, 1 visits today)