Inilah Kenapa Lebih Baik Diam Daripada Banyak Bicara Yang Tak Ada Gunanya

2195 views Leave a comment
Inilah Kenapa Lebih Baik Diam Daripada Banyak Bicara Yang Tak Ada Gunanya

Dailymoslem – Orang yang lebih banyak diam biasanya dicap sebagai kurang gaul karena jarang terlibat pembicaraan seru dengan teman-temannya. Padahal, jauh dibalik itu, ada banyak keuntungan yang bisa didapat orang yang lebih banyak diam daripada yang sering bicara ngalor ngidul tanpa tujuan yang jelas.

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ اْلآخِرِ فَليَقُلْ خَيْرًا أَوْ لِيَصْمُت

“Barang siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir maka hendaklah ia berkata baik atau hendaklah ia diam.” (Muttafaq ‘alaih: Al-Bukhari, no. 6018; Muslim, no.47)

Seperti kata peribahasa, diam adalah emas. Maka 6 emas inilah yang akan didapatkan oleh orang-orang yang lebih banyak diam daripada berkata yang tidak baik.

Orang Pendiam Tahu Bagaimana Harus Mendengarkan

Orang yang lebih pendiam biasanya tahu bagaimana harus mendengarkan saat orang lain butuh tempat curhat. Tak heran, orang yang pendiam biasanya menjadi sasaran curhat orang-orang, sering didatangi orang-orang yang ingin curhat. Padahal, ia juga mungkin tidak pernah memberikan solusi atau pendapat yang membantu pada orang tersebut, karena terkadang orang hanya butuh untuk didengarkan, butuh untuk mencurahkan keresahan yang dirasakannya.

Orang Pendiam Lebih Peka untuk Memahami Situasi dan Menghadapi Beragam Orang

Jangan salah, orang yang pendiam biasanya tak sembarang diam. Saat orang lain sibuk bicara ngalor ngidul, diam-diam ia memperhatikan sekitar dan mengamati. Dengan begitu, ia jadi lebih peka terhadap situasi dan bisa menghadapi berbagai orang, karena ia sering mengamati berbagai perilaku orang.

Orang Pendiam Biasanya Lebih Produktif Ketimbang Orang yang Banyak Bicara

Tentu saja, orang yang lebih banyak diam bisa lebih produktif membuat sesuatu dibalik diamnya daripada orang yang sibuk berbicara. Kecuali mungkin dia bisa menghasilkan sesuatu sambil terus berbicara.

Orang Pendiam Tidak Akan Banyak Musuh

Bukan berarti orang yang banyak bicara banyak musuh. Tapi, biasanya orang yang terlalu sering bicara lama-lama jadi tidak memikirkan apa yang ia bicarakan, bicara asal yang mungkin bisa menyakiti hati orang lain secara tidak sadar. Orang yang pendiam biasanya lebih banyak berpikir termasuk sebelum ia melontarkan kata-kata dari mulutnya.

Orang Pendiam Hanya Akan Berbicara yang Benar dan Berguna

Orang yang pendiam biasanya hanya akan berbicara jika apa yang ia bicarakan itu benar dan berguna. Kebiasaannya untuk diam biasanya membuatnya untuk lebih memilih diam saat dihadapkan pada situasi tidak penting.

Sekalinya Bicara, Orang Pendiam Akan Menjadi Perhatian Karena Ternyata Wawasannya Luas

Orang yang lebih banyak diam justru sering sibuk dengan pikirannya, memperhatikan sekitar dan membentuk pendapatnya sendiri. Sekalinya ia bicara tentang sesuatu yang diketahuinya, maka hal itu akan menyedot perhatian orang karena orang tidak menyangka, ia yang selama ini sering diam ternyata tau tentang banyak hal.

Pada dasarnya, jangan menilai orang berdasarkan apa yang terlihat dari luar saja, karena sesungguhnya begitu banyak yang kita tidak ketahui di dunia ini.

(Visited 4,533 times, 1 visits today)