Hanya Ada 2 Jenis Dosa Di Dunia Ini

160 views Leave a comment
Hanya Ada 2 Jenis Dosa Di Dunia Ini

Dailymoslem – Urusan dosa dan pahala sebenarnya bukanlah urusan kita manusia, hanya Allah yang mampu dan berhak menghitung setiap dosa dan pahala kita. Namun, setidaknya kita memiliki gambaran tentang perbuatan-perbuatan yang dikategorikan sebagai dosa sehingga dapat kita hindari untuk menjaga ketaqwaan kita kepada Allah.

Pada dasarnya, hanya ada dua dosa yang dilakukan manusia di dunia ini.

Dari hadits yang diriwayatkan oleh Imam Dailami dari Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda:

  1. “Tidak disebut sebagai dosa kecil apabila dosa tersebut dikerjakan secara terus menerus.
  2. Tidak disebut dosa besar apabila disertai dengan istighfar.”

Maksud dari hadist tersebut adalah sebuah dosa kecil tetap akan menjadi dosa besar jika kita kerjakan secara terus menerus. Misalnya saja, dosa riba. Mungkin keuntungan yang diambil hanya sedikit, namun jika dilakukan secara terus menerus maka akan menjadi dosa besar yang menumpuk.

Namun, suatu dosa yang besar sekalipun tidak disebut sebagai dosa besar jika setelahnya orang tersebut melakukan taubat dan memohon ampun kepada Allah.

Meski begitu, bukan berarti kita lantas lebih baik melakukan dosa besar yang disertai taubat daripada melakukan dosa kecil terus-menerus, karena jika kita berbuat dosa dengan leluasa dan menganggap dosa tersebut bisa dihapus di kemudian hari dengan taubat, maka sama saja kita meremehkan taubat kepada Allah.

Naudzubillahimindzalik.

Sumber: halhalal.com.

(Visited 247 times, 1 visits today)