Bagaimana Hukunya Mengucapkan Salam Saat Memasuki Makam?

201 views Leave a comment
Bagaimana Hukunya Mengucapkan Salam Saat Memasuki Makam?

Dailymoslem – Ada satu kebiasaan yang dilakukan orang Muslim Indonesia saat memasuki kawasan pemakaman, yaitu mengucapkan salam kepada ahli kubur atau orang yang sudah meninggal.

Dalam Islam, ucapan salam sendiri merupakan ucapan yang disarankan untuk diucapkan. Rasulullah senantiasa mengajarkan kita untuk mengucapkan salam saat kita bertemu dengan sesama umat Muslim, karena salam tersebut merupakan perbuatan yang dapat menimbulkan kasih sayang.

Dari Abu Hurairah ra. berkata, Rasulullahsaw. bersabda: “…….Tidakkah kalian suka jika aku menunjukkan seuatu perbuatan yang jika kalian kerjakan, niscaya kalian akan saling menyayangi?” Para Sahabat menjawab : “Kami suka Ya Rasulallah”. Rasul bersabda:”Tebarkan salam di antara kalian.”(HR.Muslim, Abu Daud, at-Tirmizi, dan Ibnu Majah)

Nah, lalu, bolehkah jika kita mengucapkan salam juga kepada orang yang sudah meninggal?

Hal ini bisa kita lihat dari sebuah hadits yang menceritakan ketika Rasulullah dan Aisyah berjalan melewati sebuah pemakaman, dan Rasulullah menggumamkan sesuatu.

Ai’syah berkata: “…..Aku bertanya kepada Rasulullah saw.: “Apa yang aku ucapkan wahai Rasulullah?” Rasul Menjawab: ”Ucapkanlah: “Assalamu ‘ala ahlid-diyar minal-mu’minina wal-muslimina wa yarhamullahul-mustaqdimina minkum wal-musta’khirin minna. Wa inna insyaallahu bikum lalahiqun” (HR.Muslim)

Artinya: Keselamatan atas ahli kubur dari orang-orang mukmin dan orang-orang muslim. Semoga Allah memberikan rahmat kepada kalian yang lebih dulu meninggal dunia dan kepada kami yang meninggal dunia belakangan. Dengan kehendak Allah, kami benar-benar akan menyusul kalian)

Dari hadits tersebut, dapat kita simpulkan bahwa salam yang diucapkan Rasulullah kepada ahli kubur memiliki tujuan untuk mendoakan keselamatan bagi si ahli kubur, juga berserah diri kepada Allah dan senantiasa mengingat kematian. Jadi, yang perlu dihindari adalah mengucapkan salam atau do’a apapun saat melewati makam karena takut akan orang yang sudah meninggal tersebut. Yang harus kita lakukan adalah mendoakannya dan juga senantiasa mengingat kematian. Wallahu’alaam bisshawab.

(Visited 141 times, 1 visits today)