7 Sunnah Nabi yang Bisa Kita Kerjakan Setiap Hari

326 views Leave a comment
7 Sunnah Nabi yang Bisa Kita Kerjakan Setiap Hari

Dailymoslem – Sebagai umat Muslim, kita memiliki Rasulullah Salallahu ‘alaihi wa Salaam sebagai panutan untuk menjalani hidup. Meski telah hidup seribu tahun yang lalu, Rasulullah menjalani hidup yang terbukti sehat dan teratur, bahkan dibuktikan oleh berbagai penelitian masa kini.

Berikut ini 7 sunnah nabi yang bisa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari, agar hidup kita semakin berkah dan teratur seperti Rasulullah.

Bangun Subuh

Diriwayatkan dari Aisyah ra. bahwa Rasulullah SAW telah bersabda :

“Bersegeralah dalam mencari rezeki dan kebutuhan (hajat) karena dalam kesegeraan (pergi pagi) itu terdapat keberkahan dan kesuksesan.” (HR. Thabrani)

Tersenyum

Rasulullah Saw bersabda, “Janganlah sekali-kali engkau menganggap remeh suatu perbuatan baik, meskipun (perbuatan baik itu) dengan engkau menjumpai saudaramu (sesama muslim) dengan wajah yang ceria.” (HR. Muslim)

Menggunakan Siwak

Bersabda Rasulullah Salallahu ‘alaihi wassalam : “Kalau tidak memberatkan pada umatku maka aku akan perintahkan mereka untuk memakai siwak setiap kali akan melaksanakan sholat  [riwayat Al Bukhari dan
Muslim]

Dalam riwayat lain, Rasulullah SAW juga bersabda:

“Siwak itu adalah pembersih mulut, dan di siwak itu ada keridho’an Allah SWT, dan dapat menerangkan penglihatan” [riwayat Al Bukhari]

Berbicara yang Baik atau Diam

Diriwayatkan oleh Al-Bukhari dalam kitab Shahih-nya (hadits no. 6474) dari Sahl bin Sa’id bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Barang siapa bisa memberikan jaminan kepadaku (untuk menjaga) sesuatu yang ada di antara dua janggutnya dan dua kakinya, kuberikan kepadanya jaminan masuk surga.”

Makan dan Minum Sambil Duduk

Dari Anas radhiyallahu ‘anhu pula, ia berkata,

“Dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam di mana beliau melarang seseorang minum sambil berdiri.” Qotadah berkata bahwa mereka kala itu bertanya (pada Anas), “Bagaimana dengan makan (sambil berdiri)?” Anas menjawab, “Itu lebih parah dan lebih jelek.” (HR. Muslim no. 2024).

Tidur Menghadap Ke Kanan

Rasulullah Salallahu ‘alaihi wa Salam bersabda:

“Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu,” (HR Al-Bukhari No. 247 dan Muslim No. 2710).

Mengucapkan Salam dan Bismillah Saat Memasuki Rumah

Dari Jabir radhyallahu ‘anhu berkata, saya mendengar Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Jika seseorang masuk kedalam rumahnya lalu ia menyebut asma Allah Ta’ala saat ia masuk dan saat ia makan, maka setan berkata kepada teman-temannya, ‘ tidak ada tempat bermalam bagi kalian dan tidak ada makan malam.’ Dan jika ia masuk, tanpa menyebut asma Allah Ta’ala saat hendak masuk rumahnya berkatalah syaithan: ‘kalian mendapatkan tempat bermalam, dan apa bila dia tidak menyebut nama Allah ketika hendak makan,maka setan berkata : ‘ kalian mendapatkan tempat bermalam dan makan malam.’” (Muttafaqun ‘alaih)

Sunnah-sunnah di atas merupakan sunnah yang kecil dan remeh yang mungkin terkadang kita lupakan. Namun justru dengan hal-hal kecil yang dilakukan secara rutin kita dapat terus menjaga ketaqwaan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Insha Allah.

(Visited 312 times, 1 visits today)