Tips Investasi untuk Gaji Di Bawah 3 Juta

271 views Leave a comment
Tips Investasi untuk Gaji Di Bawah 3 Juta

Dailymoslem – Gaji yang pas-pasan dengan kebutuhan seringkali membuat kita kesulitan untuk menabung atau berinvestasi. Padahal, keuangan yang sehat adalah ketika kita memiliki tabungan sejumlah tiga kali besarnya kebutuhan kita setiap bulan.

Perencana keuangan dari Mitra Rencana Edukasi Sari Insaniwati memiliki siasat tersendiri untuk mulai menabung dan berinvestasi bagi yang bergaji di bawah 3 juta.

“Bisa jadi punya gaji gede tetapi pengeluaran juga besar, bahkan bisa tekor. Kalau kita sudah bisa rutin menyisihkan sebagian pendapatan, misalkan 10 persen dari pendapatan, baru kita bisa masuk ke langkah selanjutnya yaitu menetapkan tujuan investasi,” tuturnya dilansir dari Money.id.

(Baca: 3 Investasi untuk Anda yang Tak Mau Rugi)

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memetakan prioritas dan menentukan tujuan dari tabungan tersebut. Apakah akan digunakan untuk membeli kendaraan, biaya menikah, uang sekolah anak, rumah tinggal ataukah tabungan pensiun. Dengan memiliki tujuan yang jelas, kita jadi punya motivasi untuk menyisihkan uang.

“Kenapa perlu tahu jangka waktu? Karena enggak semua produk investasi cocok. Misalnya deposito cocok untuk jangka pendek (kurang dari 1 tahun), obligasi untuk jangka menengah (1-5 tahun), reksa dana dan saham cocok untuk jangka panjang (di atas 10 tahun),” tambahnya.

(Baca: Investasi Emas, Investasi yang Minim Risiko)

Salah satu pilihan investasi yang disarankan untuk gaji di bawah 3 juta adalah reksa dana. Investasi ini cocok untuk Anda yang berencana menggunakan tabungan tersebut dalam 5 tahun ke depan. Pilihannya bisa investasi di reksa dana pendapatan tetap yang portofolionya sebagian besar dalam bentuk obligasi. Reksa dana bisa dibeli dengan hanya modal minimal Rp100 ribu.

Menurut Sari, Anda yang memiliji gaji Rp. 3 juta dapat menyisihkan sebesar Rp. 300 ribu per bulannya.

Selain reksa dana, menurut Sari ada tiga pilihan lain untuk berinvestasi bagi yang bergaji di bawah 3 juta, yaitu membeli logam mulia (mulai dari emas 1 gram), main saham (pastikan sudah memahami cara kerjanya) atau berbisnis.

(Visited 143 times, 1 visits today)