Strategi Ampuh Hemat Sehat Saat Dollar Kian Menguat

180 views Leave a comment
cara mengatur keuangan keluarga saat dollar naik

Dailymoslem – Rupiah masih terombang-ambing sampai saat ini. Meski beberapa kali menguat, namun tetap saja tidak berarti secara signifikan. Harga yang naik mengikuti dollar yang kian perkasa pun, tak bisa secepatnya diturukan kembali.

Namun begitu, dengan beberapa cara bijak kita masih dapat bertahan didalam suasana ekonomi yang carut-marut ini. Apa saja strateginya? Yuk kita simak.

Anggaran pengeluaran harus dibuat secermat mungkin

Jika selama ini kita masih belanja seenaknya, maka dengan dollar yang terus meningkat sebaiknya kita lebih cermat lagi dalam urusan pengeluaran. Jangan sampai tergoda membeli barang yang tidak dibutuhkan.

Jauh-jauh dari gaya hidup mewah dan hedonisme

Seringkali kenaikan gaji mempengaruhi kenaikan gaya hidup. Padahal, tidak semestinya dilakukan. Boleh lah jika memang masih dalam batas yang wajar, tapi jika sudah dalam taraf hedonis sebaiknya perlu dihentikan. Bukankah lebih baik menabung daripada mengahmbur-hamburkan uang.

Hemat energi

Melemahnya dollar dapat mempengaruhi harga yang harus dibayarkan untuk listrik, air dan lain sebagainya. Jika pemakainnya boros, maka tidak dapat dipungkiri biaya yang harus kita bayar akan semakin besar.

Segera lunasi hutang dan stop pembelian dengan kartu kredit

Menyenangkan memang, belanja menggunakan kartu kredit. Apa saja bisa dibeli asal sesuai limit. Sayang, saat waktunya membayar biasanya jantung ini seperti akan copot. Tak sadar jika selama ini kita sudah sangat boros dalam berbelanja.

Sebaiknya stop pembelanjaan kartu kredit, dan lunasi hutang sesegera mungkin. Karena bukan tidak mungkin bunganya akan terus naik.

 

Baca juga:

8 Indikator Finansial Sehat Ala Prita Ghozie

Tips Mengatur Keuangan untuk Pasangan yang Baru Menikah

Perhatikan 4 Hal ini Sebelum Memulai Investasi

 

(Visited 195 times, 1 visits today)