4 Cara Ampuh Mengatur Penghasilan Yang Terbatas

1213 views

Dailymoslem – Akhir-akhir ini mencari pekerjaan cukuplah sulit. Pengangguran pun semakin lamna semakin banyak. Bukan hanya lulusan Sekolah Menengah Atas saja yang menganggur, banyak sekali orang dengan pendidikan tinggi sampai saat ini belum juga memiliki pekerjaan. Menurut hasil survey, pengangguran di Indonesia pada Agustus 2014 bertambah sebanyak 0,09 juta orang.

Salah satu solusi untuk menghidarkan diri dari jabatan pengangguran sempurna, adalah dengan menjadi seorang freelancer atau pekerja lepas. Memang pendatannya masih bisa dibilang kurang, tapi lebih baik jika tidak menghasilkan apapun.

Menjadi seorang pekerja lepas memang perlu keahlian lebih dalam hal mengatur keuangan. Apalagi jika proyek yang kita pegang telah selesai, dan kita belum memiliki proyek pengganti. Alhasil pemasukan akan terhenti sejenak. Berikut adalah beberapa tips untuk para pekerja lepas yang ingin mengatur keuangan.

Buat Dua Pos Rekening Berbeda Untuk Selamatkan Pendapatan

Dua rekening ini akan dijadikan untuk menerima atau mengambil upah dan menyimpan tabungan. Sebaiknya rekening yang akan digunakan untuk menyimpang tabungan tidak dilengkapi dengan mobile  atau internet banking. Hal tersebut akan menyelamatkan tabungan dari keinginan berbelanja diluar yang seharusnya. Jadi, uang tabungan mu akan aman dari tindakan pemborosan.

Sisihkan 15-20 Persen Dari Setiap Pendapatan

Setiap kali mendapatkan penghasilan, usahakan untuk menyisihkan pendapatan. Setidaknya 15 – 20 persen penghasilan yang kamu dapatkan. Dengan ini kamu akan terselamatkan dari kemiskinan sesaat ketika tidak ada proyek yang dikerjakan.

Jangan Hanya Mengandalkan Satu Proyek Saja

Karena pendapatan freelance bisa dikatakan tidak menentu, sebaiknya kamu mencari pekerjaan lainnya untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Cita-cita mu untuk segera menghajikan orang tua pasti lebih cepat tercapai. Selain itu, keperluan-keperluan kecilmu yang lain bisa teratasi dengan adanya penghasilan tambahan.

Jauh Lebih Baik Jika Kamu Memberikan Sebagian Kecil Pendapatan Untuk Bersedekah

Percaya deh, pendapatan yang disisihkan untuk bersedekah sebenarnya tidak mengurangi pendapatanmu secara keseluruhan melainkan menambahnya. Allah akan menggantinya dengan berlipat ganda dan hal tersebut lebih pasti dari hukum gravitasi.

(Visited 643 times, 1 visits today)