Ingin Rejeki Makin Lancar Setelah Menikah? Gunakan Cara Ini untuk Kelola Keuangan

3763 views Leave a comment
Ingin Rejeki Makin Lancar Setelah Menikah? Gunakan Cara Ini untuk Kelola Keuangan

Disiplin dalam Menabung

Biasakan diri untuk menyisihkan uang untuk tabungan setiap kita mendapatkan penghasilan tiap bulannya, jadikan pengeluaran untuk tabungan ini sebagai pengeluaran wajib. Anda juga bisa membagi tabungan menjadi beberapa bagian, misalnya menjadi empat bagian untuk tabungan darurat, tabungan pendidikan, tabungan rumah tinggal dan tabungan hari tua.

Investasi

Jika ada dana lebih setelah Anda menyisihkan uang untuk tabungan, maka buat lagi satu tabungan untuk investasi. Pilih investasi yang tidak termakan inflasi dan dapat di monetisasi atau dapat menghasilkan uang lagi. Misalnya investasi berupa emas atau tanah atau rumah yang bisa disewakan lagi. Jangan lupa juga sisihkan zakat dari investasi yang Anda miliki di luar zakat penghasilan, ya, agar harta kita selalu bersih dan berkah.

(Baca: Tips Investasi untuk yang Bergaji Di Bawah 3 Juta)

Aturan Tabungan Darurat

Tidak seperti tabungan rumah tinggal, tabungan pendidikan atau tabungan hari tua yang harus diisi setiap bulannya, tabungan darurat bisa Anda tinggalkan dengan jumlah yang tetap tanpa terus diisi. Aturannya, dana tabungan darurat setidaknya harus sejumlah dengan 6x pengeluaran Anda setiap bulannya.

Perencanaan Keuangan Boleh Diubah

Setelah Anda dan pasangan menentukan sendiri cara atau perancanaan keuangan yang akan kalian gunakan, bukan berarti cara tersebut kemudian menjadi kitab suci yang tak boleh diubah. Cara tersebut bisa saja direvisi menyesuaikan dengan keadaan atau jika salah satu memiliki cara baru atau pandangan baru yang patut dicoba. Suami-istri yang baik adalah suami-istri yang saling mendengarkan pendapat masing-masing dan tentunya saling mendukung setiap perkembangan.

Semoga bermanfaat!

 

(Visited 1 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]