Ingin Rejeki Makin Lancar Setelah Menikah? Gunakan Cara Ini untuk Kelola Keuangan

806 views Leave a comment
Ingin Rejeki Makin Lancar Setelah Menikah? Gunakan Cara Ini untuk Kelola Keuangan

Dailymoslem – Mungkin kita pernah mendengar bahwa Allah akan membukakan pintu rezeki yang lebih lebar setelah kita menikah. Benarkan rezeki bisa makin lancar setelah menikah? Sementara kebutuhan akan terus meningkat setelah menikah?

Tentu saja bisa, berikut ini cara mengelola keuangan yang dapat semakin melancarkan rezeki setelah menikah.

Diskusikan Mengenai Prioritas finansial

Setelah atau sebelum menikah, diskusikanlah prioritas finansial bersama pasangan. Apakah Anda dan pasangan lebih mendahulukan untuk memiliki tempat tinggal? Ataukah lebih mengutamakan untuk memiliki anak dan mengutamakan tabungan anak sementara tempat tinggal masih bisa dicicil sambil mengontrak? Kompromikan segala sesuatunya berdasarkan keinginan kedua belah pihak.

Tunjuk Satu Orang Menteri Keuangan Keluarga

Jika keuangan diatur dua orang secara bersamaan, kemungkinan pengeluaran akan berantakan. Apalagi jika kedua belah pihak memiliki penghasilan, sebaiknya tentukan penghasilan siapa untuk kebutuhan apa, karena setelah menikah kita akan memenuhi kebutuhan bersama-sama, tak mungkin lagi kita menyimpan penghasilan masing-masing untuk kebutuhan masing-masing, kecuali dalam bentuk simpanan harta yang cukup besar.

Gunakan Pos-Pos Pengeluaran

Agar pengeluaran lebih teratur, pisahkan uang untuk masing-masing kebutuhan. Anda bisa menggunakan metode amplop atau lembar-lembar buku yang dipisahkan masing-masing uang. Pisahkan masing-masing satu amplop untuk kebutuhan tagihan listrik dan air, belanja bulanan, transportasi, rekreasi dan kebutuhan lainnya. Dengan begitu, kita akan tahu kemana perginya setiap uang yang kita miliki. Cara ini juga memudahkan ktia jika suatu hari kita harus memperketat pengeluaran, dari pengeluaran setiap pos tiap bulannya, kita bisa mengetahui pos mana yang bisa kita kurangi untuk berhemat.

(Baca: 10 Cara Berhemat yang Mungkin Tak Terpikirkan Olehmu)

Evaluasi Jika Terjadi Pemborosan

Jika misalnya dana untuk belanja bulanan adalah 1 juta tapi kemudian membengkak, kita bisa melakukan evaluasi apakah harga kebutuhan memang naik atau terjadi pemborosan? Dengan cara ini kita bisa mengontrol pengeluaran.

(Visited 1 times, 1 visits today)