Tujuh Racun Keuangan yang Harus Dihindari Agar Finansial Tetap Sehat

151 views Leave a comment
Tujuh Racun Keuangan yang Harus Dihindari Agar Finansial Tetap Sehat

Dailymoslem – Dalam mengatur keuangan, ada beberapa hal yang secara tidak sadar membuat keuangan kita menjadi tidak sehat. Seperti apakah keuangan yang sehat itu?

Kita harus memiliki tabungan darurat dengan jumlah setidaknya 3 kali jumlah pengeluaran perbulan kita, juga tabungan lain untuk masa depan dan untuk pendidikan anak. Nah, agar hal tersebut bisa terpenuhi dan keuangan kita bisa tetap sehat, berikut ini 7 racun keuangan yang harus dihindari.

Pengeluaran Emosional

Terkadang kita melakukan pengeluaran bukan karena kita benar-benar membutuhkannya. Misalnya ketika kita sedang sedih, lalu kita memilih untuk belanja, begitu juga ketika kita sedang bahagia. Kondisi ini akan menyebabkan kita mengeluarkan uang secara tidak terkontrol dan mengikuti mood. Sebaiknya pisahkan urusan mood dan urusan pengeluaran, Anda harus pandai mengelola emosi untuk dapat mengondisikan hal ini.

Hindari Berhutang dan Menghutangi

Boleh saja sekali-kali membantu teman atau kerabat yang membutuhkan uang dengan meminjamkan uang. Namun, keputusan meminjamkan uang tersebut harus dilakukan dengan pertimbangan matang. Pastikan uang yang kita kelaurkan untuk dipinjamkan tersebut benar-benar uang dingin, bukan dari tabungan darurat atau dana kebutuhan kita. Pastikan juga untuk menentukan tenggat waktu peminjaman uang tersebut dan jangan sampai meminjamkan uang kepada orang yang belum mengembalikan utangnya yang pertama pada kita. Selain itu, pastikan juga kita mencukupkan kebutuhan dengan pendapatan setiap bulan, sehingga kita tidak perlu direpotkan dengan urusan membayar hutang.

Kurangi Traktiran

Di saat-saat sedang berkumpul makan siang atau sekedar nongkrong, mentraktir teman mungkin menjadi kebanggaan tersendiri. Jangan sampai Anda mengeluarkan uang di luar kemampuan Anda hanya untuk menjaga gengsi.

Membandingkan dengan Keuangan Orang Lain

Terkadang, kita juga merasa iri dengan keuangan orang lain yang tampak lebih baik dari keuangan kita. Hasilnya, kita menjadi tidak fokus mengatur keuangan sendiri karena terlalu sibuk membandingkan dengan keuangan orang lain. Selain itu, kebiasaan ini juga bisa membuat kita menjadi tidak bersyukur dan tidak bisa memaksimalkan pendapatan sendiri.

Menghabisakan Semua Pendapatan

Dalam sebulan, mugkin tak hanya kebutuhan makan sehari-hari yang harus kita penuhi, tapi juga ada berbagai tagihan lainnya seperti tagihan listrik, air, rumah, dan mungkin juga tagihan lainnya. Pastikan kita sudah memperhitungkannya dengan pendapatan kita sehingga kita tetap memiliki anggaran untuk menabung.

Mengandalkan Kartu Kredit

Jangan lupa, ketika menggunakan kartu kredit, maka yang kita lakukan adalah berhutang pada bank, ada tagihan yang harus kita bayar di akhir. Saat menggunakan kartu kredit juga biasanya pengeluaran menjadi tidak terkontrol karena kita merasa begitu mudah melakukan transaksi tanpa harus mengeluarkan uang.

Belanja Di Awal Bulan

Di awal bulan, lakukan pembelanjaan hanya untuk kebutuhan sehari-hari. Jika ingin berbelanja untuk kesenangan, lakukan di awal bulan agar kita tahu berapa uang yang tersisa setelah digunakan untuk memenuhi kebutuhan, sehingga kitapun tidak perlu kekuranga uang untuk memenuhi kebutuhan hanya karena kita mendahulukan keinginan.

(Visited 145 times, 1 visits today)