Tips Mengatur Keuangan untuk Pasangan yang Baru Menikah

1560 views

Dailymoslem – Setelah menikah, kita akan dipaksa untuk berdaptasi dengan berbagai hal baru, termasuk cara mengatur uang bersama pasangan. Saat kita masih hidup sendiri, mengatur uang mungkin tidak terasa begitu sulit. Tapi saat sudah hidup bersama dengan pasangan, persoalannya bukan hanya tentang mengatur pendapatan dan pengeluaran, tapi menyatukan dua pendapat yang terkadang berbeda.

Nah, berikut ini beberapa tips mengatur uang untuk anda yang baru menikah, agar segala sesuatunya bisa disepakati dengan baik.

Bicarakan Pendapat Masing-Masing tentang Uang dan Prioritas Finansial

Hal pertama yang harus dilakukan tentu adalah menyamakan pendapat, atau memahami pendapat pasangan dan mengeluarkan pendapat kita untuk mendapatkan hasil yang bisa disepakati. Hal semacam ini seharusnya dilakukan sejak sebelum menikah. Bicarakan juga mengenai prioritas finansial, misalnya kebutuhan tempat tinggal, kesehatan dan pendidikan anak.

Salah Satu Harus Menjadi Nahkhoda dalam Urusan Finansial

Meski harus dilakukan berdasarkan kesepakatan bersama, tetap harus ada satu orang yang berfungsi sebagai nahkoda dalam urusan finansial atau yang menjadi bendahara dalam rumah tangga. Ia adalah orang yang akan menyimpan rekening bersama, mencatat pengeluaran dan terus mengontrol kondisi keuangan keluarga, tentu dengan aturan yang telah disepakati bersama dan dilakukan dengan penuh keterbukaan.

Terapkan Budget untuk Setiap Kebutuhan

Aturan satu ini adalah aturan wajib untuk mengatur keuangan, baik untuk pasangan yang baru menikah atau untuk siapapun di dunia ini. Aturan ini bahkan sangat disarankan oleh Warren Buffet, salah satu orang palin kaya di dunia. Tentukan budget untuk menabung, kebutuhan makan sehari-hari juga kebutuhan bersenang-senang seperti nonton bioskop atau jalan-jalan sesekali. Usahakan agar kalian tetap disiplin pada budget yang ditentukan

(Visited 1,863 times, 1 visits today)