Tips Hemat Belanja Bulanan

1108 views

Dailymoslem – Akhir tahun 2014 harga semua barang-barang naik, penyebabnya bukan saja karena inflasi tapi disebabkan karena kenaikan BBM, kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) yang juga memberi pengaruh, serta kenaikan biaya transportasi/operasional yang otomatis ikut naik, sehingga harga-harga semua kebutuhan pun ikut naik.

Ya benar, ada penurunan harga BBM yang menyesuaikan penurunan harga minyak dunia yang kian merosot, tapi itu tidak serta merta membuat harga kebutuhan ikut turun. Belum lagi kelangkaan beras di pasaran menyebabkan harga beras ikut naik. Pak Presiden Jokowi pun mengatakan bahwa tidak ada impor beras, kita akan tunggu panen raya sebentar lagi.

Jadi tunggu saja setelah panen, harga akan turun atau tidak? Apalagi saat panen nanti kan menjelang Ramadhan, dan tahu sendiri kalau bulan Ramadhan harga-harga juga malah naik bukan turun. Kok hidup jadi makin berat ya?

Terus terang kenaikan harga-harga membuat saya kesulitan mengatur pengeluaran yang kian membengkak. Tapi kita tidak boleh diam saja, harus disiasati nih. Dengan standar gaya hidup seperti saya sekarang, kira-kira apa saja yang bisa menekan biaya atau belanja ya? Coba di list dulu :

  1. Hemat pemakaian Listrik. Matikan lampu kamar tidur dan kamar mandi jika ruangan tidak digunakan. Ganti lampu dengan LED. Meskipun sedikit mahal, namun dalam jangka panjang akan menghemat listrik. Setting timer TV dan AC agar otomatis mati. Kebiasaan saya menonton tv hingga ketiduran dan tv masih menyala hingga pagi, begitupun dengan AC.
  2. Kurangi makan diluar (Restoran). Bawa bekal kekantor, selain lebih sehat juga mengefisienkan biaya makan. Jika biasanya makan diluar dengan keluarga 2 kali dalam seminggu, sekarang cukup 1 kali saja dalam seminggu.
  3. Penggunaan air. Apa ya yang bisa dikurangi dari penggunaan air di rumah? Kamar mandi sudah memakai shower, toilet juga sudah menggunakan economic water flush. Sepertinya hal itu sudah cukup untuk menghemat air.
  4. Nonton bareng temen kantor. Sepertinya saya harus mengurangi kebiasaan nonton bareng temen-temen kantor deh, karena jika nonton keluar bukan hanya biaya nonton yang harus dikeluarkan, tapi biaya makan juga.
  5. Apalagi ya? Aha. Satu lagi, kurangi belanja baju baru, belanjanya waktu obral aja. Modis (Modal diskon). Lalu saya juga bisa memadu padankan baju-baju lama agar tampil berbeda, meskipun dengan baju dari koleksi yang ada.

 

Okay sip. Sudah di list semua, tinggal eksekusi dan konsisten menjaga pengeluaran jangan sampai jebol. Ya Allah, semoga bulan depan naik gaji.

 

@arumekan

(Visited 532 times, 1 visits today)