Tips Ampuh Mengatur Uang THR

1314 views
uang istri

Dailymoslem – Pada bulan Ramadhan, biasanya para karyawan mendapat pemasukan tambahan dari perusahaan yang disebut dengan ‘Tunjangan Hari Raya’. Sayangnya, seringkali uang THR tersebut hanya ikut melintas saja dan menguap seketika.

Meskipun gaji yang diterima sudah bisa menutupi kebutuhan hidup, namun tetap saja banyak orang yang mengaku tidak dapat menabung dari uang THR tersebut. Bahkan pengeluaran menjadi lebih besar meskipun dana bulanan sudah ditambah dengan THR.

Tak bisa dipungkiri, kebutuhan menjelang Hari Raya selalu meningkat sebesar 10 – 20 persen. Hal tersebut menjadi salah satu faktor meningkatnya pengeluaran. Seharusnya, dengan adanya uang THR peningkatan pengeluaran sudah dapat diantisipasi bukan malah membengkak tak terkendali. Nah, agar kondisi Tunjangan Hari Raya Anda aman, berikut tips yang bisa digunakan:

Kurangi dulu dengan zakat atau sedekah

Sebagai seorang muslim yang taat, sudah seharusnya terbiasa mengerungai pendapatan dengan zakat dan sedekah terlebih dahulu. Bukan hanya karena harta yang disedekahkan akan kembali dengan berlipat-lipat, namun karena ketaatan kita kepada Allah harus lebih utama dari apapun

Buat Rencana Pengeluaran

Memiliki rencana akan lebih baik daripada memutuskan sesuatu dengan asal-asalan. Sebaiknya buat rencana pengeluaran selama bulanan Ramadhan atau menjelang dan pada saat lebaran. Misalnya, alokasi dana untuk dibagikan kepada saudara, dan pekerja dirumah (asisten rumah tangga dan supir). Simpan sebagian uang THR untuk tabungan, investasi dan lain sebagainya.

Prioritaskan Pengeluaran Paling Penting

Dahulukan pengeluaran yang paling penting. Seperti yang disebutkan diatas, bahwa orang yang bekerja dengan Anda pun memiliki hak mendapatkan THR. Sehingga alokasi dana untuk keperluan tersebut bisa dikategorikan penting. Selain itu, Anda juga bisa alokasikan dana THR untuk hutang agar hati menjadi lebih tenang jika kewajiban tersebut sudah terbayar.

Utamakan Needs dibandingkan dengan Wants

Promo selama Ramadhan aatau mendekati Hari Raya pasti lebih gencar disuarakan oleh para pembisinis. Mulai dari makanan, pakaian, tiket perjalanan, barang elektronik dan lain sebagainya tak luput dari promo-promo menarik.

Meskipun sangat menarik dan sekilas menguntungkan, ada baiknya jika Anda bisa lebih menahan hasrat untuk membelinya. Utamakan kebutuhan daripada keinginan semata. Puasa kan mengajari kita untuk lebih pandai menjaga hawa nafsu, maka dari itu sekarang waktunya untuk mengaplikasikan di dunia nyata.

Hindari Penggunaan Kartu Kredit

Berbelanja menggunakan kartu kredit memang sangat menyenangkan. Hanya tinggal gesek saja, produk yang diinginkan dapat menjadi milik Anda. Namun, pasti Anda juga tak mau kan ‘kebobolan’ dikemudian hari karena tagihan kartu kredit membengkak. Jadi usahkan untuk tidak menggunakan kartu kredit untuk berbelanja.

Sekian tips mengatur pengeluaran uang THR. Semoga bermanfaat!

.

(Visited 3,039 times, 1 visits today)