Rahasia Kaya Di Hari Tua, Siapkan Dana Pensiun Sejak Usia 20-an

159 views Leave a comment
Rahasia Kaya Di Hari Tua, Siapkan Dana Pensiun Sejak Usia 20-an

Dailymoslem – Usia 20 memang masih terhitung sangat dini untuk memikirkan dana pensiun atau masa tua. Namun, justru di usia inilah yang paling pas untuk mulai menabung dana pensiun agar bisa menikmati waktu luang di hari tua tanpa harus memberatkan diri sendiri.

Kebanyakan orang Asia tidak memikirkan dana pensiun sejak usia 20an, yang menyebabkan mereka masih harus bekerja di usia 50 tahunan. Dikutip dari livolive.com, berikut inilah gambaran tabungan yang harus kita persiapkan jika ingin mendpatkan kekayaan setidaknya Rp. 3 miliar di usia 55 tahun.

Target:                       Rp 3 miliar saat berusia 55 tahun

Suku bunga:              5%

Tergantung dari seberapa awal –atau seberapa terlambatnya– seseorang mulai menabung, di bawah ini perkiraan jumlah yang dibutuhkan per bulan untuk mencapai tujuan tersebut:

Mulai di usia 25:            Rp   3.750.000

Mulai di usia 35:            Rp   7.300.000

Mulai di usia 45:            Rp 19.000.000

Angka 3,7 juta mungkin masih terhitung sangat besar untuk sekedar ditabungkan, apalagi mengingat nilai upah minimum di kebanyakan kota besar di Indonesia berkisar antara Rp. 3-5 juta per bulan. Bagaimana mungkin menyisakan uang Rp. 3,7 juta sementara gaji saja hanya 3 juta? Anda bisa menyesuaikan besaran tabungan pensiun berdasarkan kondisi keuangan.

10-15% Dari Gaji

Jika angka tersebut masih terhitung besar, coba sisihkan setidaknya 10-15% gaji anda setiap bulan untuk dana pensiun.Selain tabungan pensiun, anda juga harus menyiapkan tabungan lainnya dari penghasilan anda agar keuangan dapat tetap stabil. Misalnya tabungan darurat, tabungan untuk orangtua, tabungan pendidikan anak, sedekah 2,5% dan lain-lain.

Anda bisa mengatur persentase berdasarkan prioritas kebutuhan. Misalnya tabungan pendidikan anak 10% dari gaji, tabungan untuk orangtua 10%, tabungan darurat 10% dan tabungan pensiun 10%. Berikut ini cara mengatur keuangan menjadi 4 pos pengeluaran agar semua kebutuhan dan tabungan terpenuhi.

Investasi

Berbicara soal uang, jumlah yang anda miliki saat ini bisa saja menjadi tidak berharga di 10 tahun yang akan datang. Untuk menyiasati hal ini, sebaiknya alokasikan tabungan anda ke jenis investasi yang bisa beradaptasi dengan inflasi, misalnya emas atau properti.

Selain investasi emas dan properti, anda juga bisa mengalokasikan dana pensiun ke jenis investasi lain seperti bisnis keluarga. Rencanakan bisnis tersebut sebagai bisnis yang memang akan menghasilkan uang bagi anda di hari tua meski anda tidak perlu lagi bekerja keras. Sekaranglah saatnya bekerja keras membangun bisnis tersebut. Di hari tua, anda tinggal memantau perkembangannya dan menyerahkannya pada orang-orang kepercayaan anda, dan memetik hasilnya, tentu.

Namun, untuk hal yang satu ini anda perlu berhati-hati, sebaiknya hindari jenis usaha atau bisnis yang beresiko kerugian besar. Pilih bisnis yang anda kuasai betul dan sesuai passion agar anda bisa mengerjakanya dengan sepenuh hati.

Anda juga harus pandai mengatur uang jika memutuskan untuk mengalokasikan dana pensiun dengan berbisnis. Pastikan uang yang anda tabung tersebut tidak berkurang jumlahnya. Setidaknya anda harus menghasilkan profit dua kali lipat dari uang yang sudah anda keluarkan untuk modal.

Dengan berbisnis, anda juga perlu mengeluarkan waktu ekstra, terutama jika anda mengerjakannya sambil tetap menjadi karyawan. Pilihan ini perlu menjadi pertimbangan, kecuali jika anda telah menikah dan salah satu mau mengorbankan pekerjaannya untuk mengurus bisnis.

(Visited 413 times, 1 visits today)