Pisahkan Gaji Menjadi 4 Bagian Ini untuk Pengeluaran yang Terencana

1697 views

Dailymoslem – Meski terdengar rumit, mengatur keuangan sebenarnya bisa dilakukan dengan sederhana. Kita boleh saja membeli barang-barang yang kita inginkan dengan uang hasil kerja keras kita. Memang itulah tujuan kita bekerja dan menghasilkan uang, yaitu untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan kita sebagai manusia. Tapi, jangan sampai lebih besar pasak daripada tiang alias lebih besar pengeluaran daripada pendapatan. Caranya, pisahkan penghasilan menjadi 4 bagian ini agar kebutuhan dan keinginan tetap terpenuhi, tapi anda tetap bisa menabung.

Zakat

Dengan memberi, kita jadi bisa lebih menghargai rezeki yang kita dapatkan. Dalam Islam, seseorang yang berpenghasilan wajib menyisihkan 2,5% dari penghasilannya untuk disedekahkan pada anak yatim dan fakir miskin. Bersedekah juga merupakan tanda syukur atas rezeki yang kita dapatkan, dan Allah akan memberi lebih banyak pada mereka yang beryukur.

Biaya Sehari-hari

Anggaran kedua adalah biaya yang anda perlukan untuk kebutuhan sehari-hari, seperti makan dan kendaraan. Sesuaikan pengeluaran ini dengan kebutuhan anda sehari-hari. Untuk biaya ini, anda boleh saja irit misalnya dengan cara membatasi pengeluaran harian. Tapi ingat, jangan terlalu irit sampai anda harus kelaparan atau samasekali tidak punya ongkos. Jangan menyusahkan diri sendiri hanya karena takut uang anda habis, karena setiap orang telah memiliki rezekinya sendiri-sendiri asal ia mau menjemputnya.

Kesenangan

Sudah menjadi fitrah manusia untuk mencari sesuatu yang bisa menyenangkan hatinya. Lagipula, kita juga perlu memberi reward atau hadiah pada diri kita atas kerja keras yang telah kita lakukan. Jadi, boleh saja menghabiskan beberapa persen dari gaji kita untuk membeli hal-hal yang kita inginkan. Tapi ingat, batasi di nominal tertentu agar pengeluaran tetap terjaga. Usahakan agar pengeluaran untuk kesenangan ini tidak melebihi 25% gaji anda. Jika hal yang anda inginkan cukup mahal, anda bisa menabungkan jatah untuk kesenangan sebesar 25% gaji tersebut hingga beberapa bulan ke depan sampai uang anda cukup untuk membelinya.

Tabungan

Setelah semua kebutuhan dan keinginan terpenuhi dengan jatahnya masing-masing, sekarang saatnya menyisihkan untuk tabungan. Sisihkan setidaknya 25% – 50% dari penghasilan anda setiap bulannya untuk menabung. Penting bagi anda untuk memiliki simpanan yang bisa anda gunakan sewaktu-waktu untuk kebutuhan yang mendadak. Jika anda sudah punya cukup banyak tabungan, anda bisa mencoba investasi untuk mengembangkannya.

(Visited 1,386 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]