Merasa Sudah Kerja Keras Tapi Pendapatan Masih Saja Kurang?

550 views
Merasa Sudah Kerja Keras Tapi Pendapatan Masih Saja Kurang?

Dailymoslem – Banyak diantara kita yang merasa sudah bekerja keras pagi, siang, malam. Memperbanyak waktu lembur dan menerima tawaran pekerjaan di hari libur. Namun faktanya pendapatan yang diterima masih terasa kurang.

Baru saja tanggal 10, sudah harus irit habis-habisan atau bahkan meminjam dan mengutang sana-sini. Beberapa penyebabnya adalah:

Gaya hidup yang tinggi

Sebesar apapun gaji yang diterima, jika gaya hidup jauh lebih tinggi dari pendapatan tentu saja akan menjadi malapetaka. Sebenarnya sah-sah saja memiliki gaya hidup tinggi namun bijaksana. Setidaknya tahu kapan harus membelanjakan uang dan kapan harus menyimpannya.

Tidak membedakan merencanakan keuangan

Kebanyakan dari kita pasti menerima gaji melalui rekening bank. Sayangnya, pendapatan tersebut tidak dibarengi dengan perencanaan yang tepat sehingga kita main ambil saja. Akibatnya setap bulan rekening tabungan pasti terkuras habis.

Hobi ngutang

Oke kamu tidak mengutang, tapi menikmati layanan kartu kredit. Bahkan sampai menganggap limit kartu kredit sebagai pengahsilan tambahan. Tolong dipikrkan lagi deh, suatu saat nanti semua bantuan itu harus dikembalikan lagi plus dengan bunga. Hayoo masih mau pake kartu kredit?

(Baca Juga: 8 Indikator Finansial Sehat Ala Prita Ghozie )

(Baca Juga: 4 Rahasia Pembuka Pintu Rezeki Anda )

Dengan mengetahui penyebab masalahnya, kamu bisa mulai memperbaiki kebiasaan buruk. Mulai rencanakan keuangan, menyederhanakan gaya hidup dan minimalisir penggunaan kartu kredit. Selain itu, kamu juga bisa melakukan kebiasaan baik seperti:

Zakat, Infak dan Sedekah

Dengan melakukan ketiga hal tersebut, rezeki mu akan semakin barokah. Oke, memang secara logika itu bisa mengurangi pendapatan. Namun, percaya atau tidak dengan melakukan zakat, infak dan sedekah Allah akan menggantikannya dengan berkali-kali lipat. Dan hal tersebut lebih pasti dari hukum gravitasi.

Shalat Dhuha

Sebagian dari kita mungkin sudah mengetahui bahwa shalat dhuha dapat melancarkan rezeki. Sebisa mungkin lakukan shalat dhuha setiap hari disela-sela kesibukan. Insya Allah kita diberikan kemudahan dalam menjalani segala urusan termasuk masalah rezeki. Amin.

Bersyukur

Bersyukur membuat hati menjadi lapang dengan apa yang telah diberikan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala kepada kita. Oleh karena

(Visited 387 times, 1 visits today)