5 Tips Menabung Bersama untuk Membeli Rumah Pertama

640 views Leave a comment
5 Tips Menabung Bersama untuk Membeli Rumah Pertama

Dailymoslem – Memiliki rumah pertama mungkin merupakan sebuah impian yang penuh perjuangan bagi beberapa pasangan. Harga properti yang terus meningkat membuat tabungan untuk rumah pertama rasanya tak pernah cukup.

Namun, sulit bukan berarti tak bisa. Dengan 5 cara berikut ini, Anda bisa lebih realistis mengatur tabungan dan rumah pertama dalam waktu dekat bukan lagi impian semata. Yuk, intip langkah-langkahnya berikut ini.

Tentukan Budget Rumah

Sebelum mulai menabung, tentukan dulu tipe rumah yang Anda dan pasangan inginkan. Berapa banyak budget yang dibutuhkan untuk tipe rumah tersebut? Dari situlah Anda bisa memperkirakan berapa banyak yang bisa Anda tabungkan setiap bulan dan berapa lama waktu yang dibutuhkan.

Pertimbangkan juga harga properti yang terus meningkat. Agar tabungan tak kena inflasi, Anda bisa memilih investasi emas untuk tabungan rumah. Jika Anda dan pasangan memilih rumah KPR, cari tahu uang muka yang dibutuhkan untuk tipe rumah yang Anda inginkan beserta angsurannya. Anda mungkin membutuhkan waktu lagi untuk mengumpulkan dana uang muka, maka perkirakan berapa besaran tabungan yang harus disisihkan setiap bulannya dan berapa lama waktu yang diperlukan, perkirakan juga harga uang muka dan angsuran di tahun tersebut. Harga properti biasanya meningkat setiap tahun.

Rekening Tabungan Bersama

Kedua, yang perlu Anda miliki adalah tempat untuk menyimpan tabungan tersebut. Jika Anda memutuskan untuk menabung dalam bentuk uang atau saldo tabungan, berarti Anda harus memiliki rekening tabungan bersama untuk menyimpan uang tersebut. Hal ini memudahkan kita untuk memastikan jumlah tabungan dan juga menghindari saldo tercampur.

Sepakati Tanggal dan Besaran Setoran

Agar kita bisa tetap disiplin dalam mengisi tabungan, sepakat tanggal dan besaran setoran setiap bulannya, sehingga di tanggal tersebut kita seperti memiliki kewajiban untuk ‘membayar utang.’ Terapkan kedisiplinan pada diri sendiri untuk memenuhi aturan tersebut, sama seperti ketika kita harus membayar asuransi atau tagihan lainnya. Bedanya, kali ini kita sendiri yang menagihnya pada diri sendiri.

Siapkan Dana Tambahan

Selain biaya rumah itu sendiri, akan ada biaya tambahan lainnya yang Anda butuhkan. Misalnya saja jika Anda membeli rumah KPR, mungkin Anda akan membutuhkan beberapa polesan di sana-sini untuk menyempurnakan bangunan. Misalnya memasang pagar atau benteng. Selain itu, pertimbangkan juga dana tambahan untuk mengisi furnitur rumah sesuai kebutuhan.

Ubah Gaya Hidup

Terkadang memang dibutuhkan usaha ekstra untuk mengasilkan hal yang berharga. Tidak ada salahnya sedikit berhemat dan mengubah gaya hidup. Misalnya, mengurangi kebiasaan makan di restoran atau mengurangi anggaran dana untuk bersenang-senang, agar dananya bisa kita alihkan ke dana tabungan. Tidak ada salahnya mengurangi kebiasaan nongkrong di mall, belanja baju atau ke salon, demi impian rumah pertama bisa segera terwujud.

Itulah pentingnya mengatur keuangan dengan cara membuat catatan dan membuat pos-pos pengeluaran. Dari catatan pengeluaran tersebut, kita bisa melihat pos mana yang dirasa bisa ditekan pengeluarannya dan dialihkan ke anggaran tabungan.

Semoga bermanfaat!

(Visited 1 times, 1 visits today)