Investasi Emas, Investasi Yang Minim Risiko

1558 views

Dailymoslem – Emas merupakan komoditi yang ketersediaanya semakin hari semakin menipis, karena emas termasuk kedalam sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.  Permintaan dan penawaran emas tidak seimbang, dimana permintaan akan emas lebih tinggi dibandingkan dengan penawarannya. Oleh karena itu harga emas terus meningkat.

Logam mulia yang satu ini juga sangat cocok dijadikan sebagai instrument investasi, khususnya dalam bentuk batangan. Sifatnya yang kebal inflasi dan memiliki harga dengan tren meningkat menjadikannya salah satu primadona investasi selain saham dan properti. Masih banyak lagi alasan mengapa emas sangat digemari oleh banyak orang untuk dijadikan sebagai wujud harta yang disimpannya. Berikut beberapa alasannya.

Emas sangat likuid sehingga mudah dijual saat benar-benar terdesak

Berbeda dengan properti, investasi dalam bentuk emas lebih mudah dicairkan, sehingga dapat memenuhi kebutuhan mendesak yang tengah menghampiri. Meskipun keduanya memiliki kesamaan dari kenaikan harga disetiap tahunnya, namun emas lebih mudah di ubah dalam bentuk uang cash dibandingkan dengan properti.

Tidak dapat dipungkiri mungkin ada beberapa periode dimana harga emas menurun dan mengalami fluktuasi. Namun secara jangka panjang nilai dari emas itu sendiri memiliki tren yang terus meningkat.

Tahan terhadap dampak buruk inflasi

Inflasi adalah kenaikan harga secara terus menerus yang menyebabkan nilai uang menjadi lebih rendah daripada sebelumnya. Contohnya jika sebelumnya uang Rp 10.000 dapat membeli lima buah mie instan, maka setelaha adanya kenaikan inflasi dengan nilai uang yang sama anda hanya akan mendapatkan tiga buah mie instan.

Hal tersebut tidak akan terjadi pada harta dalam bentuk emas. Harga yang cenderung stabil bahkan meningkat menjadikan emas kebal terhadap inflasi. Bila anda membeli emas batangan dengan harga 500.000 per gram kemungkinan besar harganya akan sama atau bahkan naik saat dijual tiga tahun kemudian, meskipun terjadi inflasi.

Menyimpan harta dalam bentuk emas bebas pajak

Selain minim risiko, menyimpan harta dalam bentuk emas juga bebas biaya pajak. Sesuai dengan peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor 15/Pj/2011 Tentang Atas Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor Per-57/Pj/2010, Tentang Tata Cara Dan Prosedur Pemungutan Pajak Penghasilan Pasal 22 Sehubungan Dengan Pembayaran Atas Penyerahan barang Dan Kegiatan Di bidang Impor Atau Kegiatan Uasha Di Bidang Lain. Bagi setiap pemilik emas batangan seberapa pun berat dan banyaknya tidak akan dikenakan pajak, karena emas merupakan komoditi prosuksi.

Tidak mudah rusak dan tahan terhadap korosi

Invesatasi dalam bentuk emas benar-benar sangat menguntungkan, hal tersebut didukung oleh sifatnya yang tidak mudah rusak dan tahan terhadap korosi. Sehingga mau berapa lama pn disimpan keadaannya akan tetap baik dan utuh. Hal ini tentu sangan menguntungkan jika ingin menyimpannya untuk waktu yang lama. Pemeliharaannya juga tergolong mudah, cukup disimpan di dalam brankas atau di tempat aman lainnya.

Modal usaha yang menjanjikan

Memiliki emas yang lumayan besar, pasti bisa menjadi modal usaha. Namun jangan jual emas tersebut. gadaikan saja. sehingga pada akhirnya emas tersebut masih dalam kepemilikan seiring dengan keuntungan usaha yang semakin besar.

Dalam kasus ini, pintar-pintarlah mengkalkulasikan keuntungan yang didapatkan agar sebagian keuntungan tersebut bisa digunakan untuk mencicil kembali emas yang di gadaikan.

Raup keuntungan dengan berkebun emas

Emas yang dimiliki dapat mendatangan keuntungan besar. Dengan menyimpannya saja untuk beberapa tahun, akan mendapatkan selisih yang lumayan dari kenaikan harga yang didapatkan setiap tahunnya. Apalagi jika melakukan beberapa usaha lain seperti berkebun emas.

Emas yang dimiliki dapat digadaikan, lalu uang hasil gadai tersebut ditambah dengan modal sendiri dan dibelikan emas lagi. Ulangi secara konsisten sampai jangka waktu gadai pertama habis, misalkan tiga tahun. Emas terakhir yang dimilki, kemudian jual untuk menebus emas pertama. Begitu hingga semua terbayar.

Coba hitung pengeluaran dan pendapatan uang dari berkebun emas tersebut. pasti anda akan mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

(Visited 508 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]