Cara Atasi Konflik Rumah Tangga Saat Gaji Istri Lebih Besar dari Gaji Suami

482 views Leave a comment
Cara Atasi Konflik Rumah Tangga Saat Gaji Istri Lebih Besar dari Gaji Suami

Dailymoslem – Salah satu masalah yang kerap menjadi pemicu pertengkaran dalam rumah tangga adaalah masalah keuangan, terutama jika istri memiliki gaji yang lebih besar dari suami. Anggapan bahwa suami adalah pihak yang harus mencari nafkah menjadikan masalah ini merupakan salah satu masalah terbesar dalam rumah tangga.

Namun, bukan berarti masalah tersebut tanpa solusi. Dengan komunikasi yang terjalin baik dan juga pengertian, kita bisa tetap menjaga keharmonisan rumah tangga tanpa harus mengorbankan karir siapapun. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan agar persoalan gaji istri yang lebih besar dari gaji suami tidak menjadi bumerang dalam rumah tangga.

Menjaga Peran Masing-Masing

Meski istri memiliki gaji yang lebih besar dari suami, namun pastikan kedua belah pihak tetap menjaga peran masing-masing dalam rumah tangga. Menurut psikolog keluarga Alissa Wahid, seperti dilansir dari liveolive.com, masalah biasanya bersumber dari kebutuhan dasar laki-laki untuk merasa dihormati. Hal ini berdasarkan riset yang dilakukan terhadap 400 suami di Amerika Serikat.

Menurut Alissa, yang menjadi masalah sebenarnya bukan uang itu sendiri, melainkan cara kita dalam menyikapi permasalahan uang tersebut. Pria memiliki kebutuhan untuk menjadi pahlawan bagi orang disekitarnya, terutama bagi istrinya.

Caranya, kita bisa tetap membebankan nafkah untuk kebutuhan makan dan tagihan sehari-hari pada suami, sedangkan penghasilan istri bisa digunakan untuk investasi ataupun kebutuhan lainnya seperti rekreasi. Untuk kasus lain, misalnya kebutuhan rumah, bisa saja penghasilan istri yang besar digunakan untuk membayar DP, sedangkan cicilan bulanan tetap dibebankan pada suami.

Istri juga tentunya harus menyesuaikan gaya hidup dengan penghasilan suami, sehingga gaji suami tetap cukup untuk kebutuhan sandang dan pangan, juga kebutuhan tagihan sehari-hari seperti tagihan listrik, air, memberi kepada orangtua dan juga kebutuhan pokok lainnya. Jangan sampai karena istri memiliki gaji lebih, sehingga ia merasa boleh memiliki gaya hidup tinggi yang melebihi penghasilan suami.

Diskusikan Hal-Hal Kecil

Istri yang memiliki gaji lebih besar dari suami mungkin saja menyembunyikan hal-hal tertentu dari suami seperti perkembangan karir, bonus tambahan atau prestasi lainnya untuk menghindari suami merasa terkucil. Hal ini perlu Anda bicarakan dengan suami, bahwa meski Anda bisa meraih berbagai prestasi dalam karir, hal tersebut tak mengubah apapun tentang hubungan Anda dengan suami. Hal-hal sensitif seperti ini bisa disampaikan dalam pembicaraan santai sehingga bisa lebih mudah diterima.

Tidak Mudah Mengkritik

Dalam kondisi apapun itu, tentu kita sebaiknya menghindari sikap dan perkataan yang merendahkan pasangan, terutama ketika sedang berada di depan orang banyak. Suami maupun istri harus dapat saling menghargai dan menghoramati, karena suami istri merupakan pakaian untuk satu sama lain. Meskipun mungkin apa yang pasangan kita pilih tersebut berbeda dari yang kita inginkan, namun kita harus tetap menunjukkan rasa hormat terhadap tindakan dan keputusannya.

 

 

(Visited 1 times, 1 visits today)