Cara Mudah Mengontrol Pengeluaran Kartu Kredit

803 views

Dailymoslem –¬†Banyak kemudahan yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan kartu kredit. Namun, kartu kredit juga bisa menjadi boomerang jika kita tidak pandai menggunakannya.

Sistem kartu kredit sebenarnya sama saja seperti berhutang. Saat kita menggesek kartu kredit, berarti kita menggunakan uang bank dulu untuk berbelanja, kemudian kita harus melunasinya saat masuk tanggal jatuh tempo. Semakin lama kita melunasi hutang tersebut, maka semakin besar bunga kredit yang harus kita bayarkan.

Nah, berikut ini cara mudah mengontrol pengeluaran kartu kredit. Jangan sampai justru anda yang jadi dikontrol oleh kartu kredit.

Batasi Jumlah Kartu Kredit

Semakin banyak jumlah kartu kredit yang kita miliki, maka semakin sulit untuk mengontrol pengeluaran di setiap kartu kredit. Jangan sampai tagihan membludak karena kita terlalu asyik menggunakan kartu kredit yang kita miliki dari berbagai bank. Bijaklah dalam memilih kartu kredit sejak awal sehingga anda tidak perlu memiliki lebih dari satu  kartu kredit.

Jangan Mudah Tergoda Promo dan Diskon

Ada banyak promo dan diskon yang biasanya diadakan untuk mengundang para pemegang kartu kredit untuk belanja, misalnya belanja hemat dengan kartu kredit atau poin reward. Anda harus pandai menyikapi promo dan diskon semacam ini. Kecuali barang yang akan anda beli benar-benar berguna dan diskon yang anda gunakan memang menguntungkan.

Catat Setiap Pengeluaran

Agar anda tidak kaget dengan jumlah tagihan, biasakan untuk mencatat setiap pengeluaran dengan kartu kredit anda. Caranya, kumpulkan setiap struk belanja yang anda gunakan dengan kartu kredit agar anda bisa terus memantau sudah berapa jumlah uang yang anda gunakan dengan kartu kredit tersebut.

Pilih Tanggal Jatuh Tempo yang Tepat

Pilih akhir bulan untuk tanggal jatuh tempo saat anda mengajukan aplikasi kartu kredit kepada bank. Dengan begitu, anda bisa segera melunasi tagihan di awal bulan ketika baru menerima gaji. Usahakan untuk tidak pernah terlambat melunasi tagihan karena biasanya pihak bank akan memberlakukan denda yang tidak sedikit.

Hindari Menarik Uang Tunai dengan Menggunakan Kartu Kredit

Punya kartu kredit bukan berarti anda tidak perlu menyimpan uang tunai di dompet. Usahakan agar anda tetap punya persediaan uang tunai, sehingga anda tidak perlu menarik uang tunai dengan menggunakan kartu kredit anda, karena bunganya akan lebih besar daripada transaksi biasa.

(Visited 328 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]