7 Tips Menjadi Istri yang Jago Mengatur Keuangan Keluarga

541 views Leave a comment
3 Hal Ini Punya Pengaruh Vital untuk Menciptakan Kondisi Keuangan yang Sehat

Dailymoslem – Salah satu tugas penting seorang istri dalam keluarga adalah mengatur keuangan keluarga agar tetap stabil dan terkendali.

Terkadang, kaum perempuan memang memiliki kemampuan khusus untuk mengoganisir segala sesuatu, termasuk menjadi bendahara dalam keluarga. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengurus keuangan keluarga agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan seperti besar pasak daripada tiang.

Berikut ini 7 tips bagi para istri untuk dapat mengatur keuangan keluarga agar tetap aman dan stabil.

Kenali Keuangan Keluarga

Hal pertama yang perlu dilakukan tentu adalah mengenali keuangan keluarga agar kita bisa tahu bagaimana untuk mengatur keuangan tersebut. Tentu kita tidak bisa menerapkan kebutuhan-kebutuhan besar jika kondisi keuangannya sendiri belum sampai di level tersebut.

Susun Pengeluaran dan Pemasukan Bulanan

Agar kita tahu kemana saja uang mengalir, sebaiknya catat pos-pos pemasukan lengkap dengan jumlahnya masing-masing. Kemudian tuliskan juga daftar pengeluaran bulanan agar kita bisa disiplin pada daftar tersebut setiap mau belanja.

Minimalisir Belanja Konsumtif

Mulai sekarang, hindari belanja konsumtif untuk alasan yang tidak jelas. Misalnya, jika kita bisa membeli suatu kebutuhan dengan harga yang lebih murah, akan lebih baik jika kita memilih harga yang lebih mahal hanya karena kepentingan merek. Mulailah bijak untuk berbelanja.

Bedakan Keinginan dan Kebutuhan

Perbedaan antara keinginan dan kebutuhan memang seringkali sangat tipis hingga kita sulit untuk membedakannya. Misalnya saja kebutuhan pakaian yang memang salah satu kebutuhan sandang manusia. Namun, keinginan belanja pakaian yang berlebihan atau hanya tergiur iklan bisa jadi bukan benar-benar kebutuhan, melainkan hanya keinginan saja.

Sisihkan untuk Kesenangan

Di sela-sela semua kebutuhan, sisihkan juga budget untuk kesenangan seperti jalan-jalan sekeluarga, nonton bioskop atau mungkin beli barang tertentu yang diinginkan anggota keluarga. Tapi, jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan budget dan kondisi keuangan keluarga. Jika semua kebutuhan pokok sudah terpenuhi, baru pikirkan budget untuk yang satu ini.

Menabung

Tabungan sangat penting dalam kehidupan berkeluarga, karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi pada anggota keluarga di masa yang akan datang, meski mungkin sebulan atau setahun mendatang. Maka, wajib hukumnya untuk menyisihkan uang untuk tabungan darurat setiap bulannya. Jikapun tidak digunakan untuk hal darurat, tabungan ini bisa diinvestasikan.

Investasi

Jika memang keuangan keluarga memungkinkan untuk melakukan investasi, maka tidak ada salahnya kita mengalokasikan kelebihan dana untuk berinvestasi daripada untuk belanja konsumtif. Investasi tersebut bisa kita gunakan nantinya untuk berbagai keperluan seperti pendidikan anak atau kebutuhan masa depan lainnya.

Nah, itulah 7 hal yang bisa kamu terapkan dalam mengatur keuangan keluarga agar tetap aman dan stabil tanpa mengesampingkan kebutuhan anggota keluarga. Semoga bermanfaat.

(Visited 756 times, 1 visits today)