7 Cara Menghemat Biaya Pernikahan tapi Tetap Membuatnya Berkesan

2243 views
4 Tahapan Menuju Pernikahan dalam Islam

Dailymoslem – Pernikahan adalah momen penting dalam hidup, semua orang pasti ingin perayaan pernikahan yang tak terlupakan. Tapi, kita juga harus ingat bahwa perayaan tersebut bukanlah segalanya, yang terpenting dalam pernikahan adalah kehidupan setelahnya. Dengan cara-cara ini, anda bisa menghemat biaya pernikahan tapi tetap punya pesta pernikahan yang tak terlupakan.

Tekan Biaya Sewa Tempat

tumblr_lcbdus8h3Q1qf3v8bo1_1280

foto copyright: tumblr.com

Salah satu hal yang biasanya memakan biaya pernikahan paling banyak adalah biaya sewa tempat. Anda bisa menghemat biaya sewa tempat dengan mencarinya dari jauh-jauh hari, sehingga anda bisa punya banyak waktu untuk mempertimbangkan berbagai pilihan dan tawar menawar yang lebih panjang. Selain itu, anda juga bisa membuat pesta kebun yang privat dan tak terlupakan di taman belakang rumah. Jika anda cukup kreatif, bahkan rumah anda pun bisa menjadi tempat yang cocok untuk pesta pernikahan.

Kurangi Jumlah Tamu

lily-lake-estes-park-wedding-001

 foto copyright: tomkphoto.com

Jumlah tamu bisa sangat signifikan pada pengeluaran. Semakin sedikit tamu, semakin sedikit biaya untuk konsumsi, cetak undangan, souvenir dan juga tempat. Selain itu, dengan jumlah undangan yang lebih sedikit juga pesta pernikahan anda akan terasa lebih privat, lebih intim dan lebih sakral. Batasi undangan hingga 500 orang sebatas sahabat dan orang terdekat saja dari kedua belah pihak.

Undangan Elektronik

William and Kate’s Royal Wedding Invitation

Sekarang ini, anda tidak perlu mencetak undangan untuk mengabari teman-teman bahwa anda menikah. Anda bisa membuat undangan di facebook atau di website penyedia undangan dan mengirimkan link-nya ke teman-temanmu lewat media sosial atau email. Bisa juga dengan membuat undangan berupa image yang bisa anda kirim lewat media sosial atau email.

Jadi Wedding Organizer Sendiri

il_570xN.429844145_q2jv

foto copyright: etsystatic.com

Selain lebih irit, mengurus semua keperluan pernikahan sendiri juga bisa membuat pesta pernikahan anda terasa lebih berarti. Anda tahu semua detail persiapan dan bisa memastikan segala sesuatu berjalan sesuai rencana.

Gerobak Jajanan untuk Jamuan Tamu

mrd_7487

 foto copyright: niedhanie.wordpress.com

Bagi anda yang menginginkan konsep pernikahan yang unik, anda bisa mengganti makanan katering dengan gerobak jajanan yang tentunya biayanya bisa lebih murah. Sewa beberapa gerobak makanan berat dan juga camilan untuk menjamu para tamu.

Souvenir Makanan

cara-membuat-permen-lolipo

 foto copyright: perlutahu.org

Salah satu yang juga biasanya memakan banyak biaya dalam pesta pernikahan adalah souvenir yang biasanya didapat undangan saat masuk dan mengisi buku tamu. Daripada menghabiskan uang untuk souvenir mahal yang berakhir di tempat sampah, ganti souvenir dengan makanan kecil seperti wafer atau makanan ringan lainnya.

Papan Besar untuk Buku Tamu

9c377d177f69bce3f9f93490dd023e16

Hemat bukan hanya berarti memangkas biaya, tapi berusaha sebisa mungkin menjadikan biaya yang keluar tidak terbuang sia-sia. Nah, apa sih gunanya buku tamu? Tidak ada, kan? Jadi, daripada anda menghabiskan uang (walaupun tidak banyak) untuk buku tamu, lebih baik menggantinya dengan papan besar untuk undangan mengisi absen. Di papan tersebut undangan bisa mengisi nama dan ucapan secara acak. Papan ini juga bisa menjadi dekorasi yang berkesan di rumah anda nantinya.

(Visited 1,469 times, 1 visits today)