6 Cara Mengatur Keuangan Agar Uang Tak Habis Di Akhir Bulan

192 views Leave a comment
6 Cara Mengatur Keuangan Agar Uang Tak Habis Di Akhir Bulan

Dailymoslem –¬†Gaji yang datang hanya sebulan sekali membuat kita harus pandai menahan diri di awal bulan agar uang tidak habis di akhir bulan. Berikut ini 6 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatur keuangan agar tetap bisa memiliki simpanan di akhir bulan.

Rencanakan Anggaran Bulanan

Tentukan anggaran bulanan mulai dari biaya belanja untuk makan sehari-hari, jajan, hingga biaya transport selama sebulan ke kantor. Masukkan juga anggaran tagihan listrik, cicilan rumah, cicilan kendaraan dan cicilan lainnya sebagai anggaran primer untuk bulanan.

Bayar Tagihan Tepat Waktu

Jangan menunda-nunda waktu untuk membayar tagihan karena dapat dendanya bisa membuat kita malah menjadi tidak hemat. Perhatikan batas akhir untuk membayar tagihan listrik, telepon, cicilan dan yang lainnya dan selesaikan di awal bulan agar tidak mengganggu biaya kebutuhan lainnya.

Tabungan Di Awal Gajian

Di awal bulan sebelum uang Anda terpakai, pisahkan dulu biaya anggaran untuk kebutuhan sehari-hari dan untuk tabungan, agar Anda tidak kalap belanja kemudian dan menekan pengeluaran-pengeluaran yang tidak begitu penting.

Buat Dua Rekening Berbeda

Agar menabung bisa lebih optimal, buat dua rekening bank yang berbeda. Yang satu untuk kebutuhan sehari-hari, membayar tagihan dan belanja, sedangkan rekening lainnya khusus untuk menabung. Tentukan berapa persen yang harus Anda sisakan setiap bulan untuk mengisi rekening tabungan tersebut.

Investasi

Jika semua kebutuhan dan tabungan sudah terpenuhi dan Anda masih memiliki sisa dari uang gaji Anda, maka ini saatnya Anda memulai investasi. Baik dengan mengikuti asuransi, reksa dana, emas, perhiasan bernilai jual tinggi atau mungkin properti. Pilihlah jenis investasi yang tahan inflasi sehingga jumlah uang Anda bisa bertambah di kemudian hari.

Sedekah

Yang terakhir dan yang paling penting, jangan lupa menyisakan 2,5% dari penghasilan Anda untuk disedekahkan. Ingat, ada rezeki orang lain yang dititipkan dalam rezeki Anda. Bersedekah akan mengajarkan kita untuk lebih bersyukur dan insha Allah mendapatkan rezeki yang lebih banyak.

(Visited 206 times, 1 visits today)