5 Cara Mengatur Keuangan Agar Tidak Pernah Terjerat Hutang

201 views Leave a comment
5 Cara Mengatur Keuangan Agar Tidak Pernah Terjerat Hutang

Dailymoslem – Kondisi finansial yang sehat ditandai dengan tidak adanya hutang yang dimiliki. Pemasukan yang didapat cukup untuk memenuhi kebutuhan, juga adanya tabungan untuk keperluan darurat dan juga tabungan untuk investasi.

Jika dalam satu bulan pemasukan masih belum cukup sampai kita harus berhutang secara rutin untuk kebutuhan bulanan, maka hal tersebut terjadi karena kita tidak bisa hidup menyesuaikan dengan pendapatan atau pendapatan yang memang kurang untuk menyokong kehidupan di zaman seperti sekarang ini.

Lalu, apa yang bisa dilakukan agar terbebas dari hutang? 5 cara ini bisa Anda coba untuk menyehatkan kondisi finansial.

Pahami Cara Mengatur Keuangan dengan Bijak

Terutama jika Anda telah berkeluarga, pastikan Anda paham cara mengatur keuangan dengan bijak. Pahami cara mengatur keuangan agar tidak besar pasak daripada tiang. Bagi penghasilan menjadi beberapa bagian untuk tabungan dan kebutuhan. Tabungan itu sendiripun harus dibagi ke dalam beberapa bagian, yang salah satunya adalah tabungan darurat, sehingga saat membutuhkan uang dalam jumlah banyak secara tiba-tiba, kita tidak perlu berhutang.

Buat Rencana Anggaran

Agar pengeluaran kita terkontrol, buatlah rencana anggaran di awal bulan dan usahakan untuk patuh terhadap rencana anggaran tersebut. Jika Anda masih punya hutang, maka anggarkan juga untuk mencicil hutang tersebut setiap tahunnya.

Belajar Berhemat

Berhemat bukan hanya memilih barang yang harganya lebih murah, tapi juga soal siasat agar kita tidak mengeluarkan uang untuk keperluan yang tak penting tapi semua kebutuhan tetap terpenuhi. Cara-cara ini bisa Anda gunakan untuk mulai berhemat.

Jaga Kesehatan

Salah satu alasan orang sering membutuhkan uang tiba-tiba adalah ketika sakit. Biaya berobat yang mahal apalagi jika penyakit tersebut membutuhkan perawatan khusus bisa menguras tabungan yang sudah terkumpul bertahun-tahun. Untuk menyiasatinya, Anda bisa mengikuti asuransi atau jaga kesehatan dan check-up bulanan untuk memastikan kondisi tubuh tetap prima.

Cari Penghasilan Tambahan

Jika sampai saat ini Anda masih punya hutang yang harus dilunasi, sedangkan pendapatan juga pas-pasan, coba cari penghasilan tambahan di luar jam kerja dengan cara berbisnis maupun berinvestasi. Di era digital seperti sekarang ini bisnis online bisa jadi bisnis tanpa modal yang bisa Anda coba.

(Visited 416 times, 1 visits today)