5 Cara Mengajarkan Anak Untuk Menghargai Uang

119 views Leave a comment
5 Cara Mengajarkan Anak Untuk Menghargai Uang

Dailymoslem – Banyak orangtua yang memanjakan anaknya dan membelikan apa saja yang ia mau tanpa mempertimbangkan banyak hal, bahkan saat harus mengeluarkan uang dalam jumlah banyak. Hasilnya, anak menjadi manja dan sering merengek meminta apa saja yang ia inginkan tanpa memikirkan nilainya.

Untuk urusan satu ini, Ayah dan Bunda perlu untuk sedikit tegas pada anak, karena nantinya setelah dewasa anak juga perlu punya keahlian untuk mengatur uang dalam kehidupannya. Bunda bisa melakukan 5 hal ini untuk mengajarkan anak agar dapat menghargai uang.

Perkenalkan Mereka Pada Jumlah Dan Nilai Uang

Tak jarang anak yang tidak tahu nilai dan jumlah uang, sehingga saat ia memegang sejumlah uang dan membeli sesuatu, ia memberikan seluruh uangnya pada penjual meskipun jumlahnya lebih. Ajarkan pada anak sejak kecil tentang jumlah dan nilai uang, setidaknya agar anak tahu dulu bagaimana cara menggunakan uang.

Ajarkan untuk Berbagi

Jangan hanya ajarkan anak untuk menggunakan uang untuk dirinya sendiri, tapi ajarkan juga anak untuk berbagi agar ia tidak egois dalam menggunakan uang saat sudah dewasa nanti. Mengajarkan anak berbagi bisa dengan banyak cara. Bisa dengan mengajaknya untuk bersedekah dan membiarkannya memberikan uang sendiri, atau sesederhana berbagi dengan saudara sendiri, seperti harus mau bergantian untuk dibelikan mainan dengan kakaknya. Jadi, Bunda tidak melulu harus beli mainan atau baju dobel setiap kali belanja untuk anak hanya agar anak tidak iri pada saudaranya.

Berikan Kesempatan Mengatur Uang

Jangan berikan uang kepada anak secara terus-menerus dan tidak terkontrol, tapi ajak anak untuk mengatur uang dalam kesehariannya. Misalnya dengan cara memberikan uang jajan mingguan pada anak. Ijinkan anak untuk mengatur sejumlah uang yang Bunda berikan padanya agar cukup untuk jajan selama satu minggu. Berikan reward jika anak berhasil menyisakan uang dan berikan juga punishment jika anak menghabiskan uang sebelum waktunya.

Ajak Anak untuk Buat Catatan Pengeluaran

Agar uang mingguannya bisa diatur dengan baik, coba ajak anak untuk membuat catatan pengeluaran setiap hari. Misalnya jumlah uang yang ia keluarkan per hari atau mungkin per item yang ia beli. Dengan begitu, anak bisa memahami kemana saja ia menghabiskan uangnnya.

Ajarkan Tentang Kebutuhan dan Keinginan

Ajarkan juga pada anak bahwa tidak semua hal yang ia inginkan bisa ia miliki. Setiap kali anak meminta untuk dibelikan sesuatu, ajak anak untuk berdiskusi apakah hal tersebut benar-benar dibutuhkannya atau hanya diinginkan. Bunda juga bisa membelikan benda yang diinginkannya di waktu-waktu tertentu, misalnya sebulan sekali atau dengan jumlah tertentu yang sanggup dibeli Bunda.

 

(Visited 282 times, 1 visits today)