5 Anggaran Dana yang Perlu Diprioritaskan Di Awal Pernikahan

139 views Leave a comment
Tips Buat Cincin Nikah Hemat Tapi Berkualitas

Dailymoslem – Di hari-hari pertama status Anda berubah dari single menjadi menikah, apa yang Anda pikir perlu dilakukan untuk membangun rumah tangga dengan pondasi finansial yang kokoh?

Anda perlu mulai memikirkan untuk membagi tabungan ke dalam beberapa bagian. Di hari awal pernikahan, biasanya kita juga tidak membutuhkan terlalu banyak pengeluaran, mungkin hanya biaya hidup dua orang yang tidak perlu membutuhkan dana besar.

Nah, di saat pengeluaran masih ringan ini Anda perlu memikirkan untuk mulai menabung sebanyak-banyaknya. Berikut ini beberapa jenis dana tabungan yang perlu dianggarkan di awal pernikahan.

Dana Darurat

Tabungan satu ini wajib ada dan tidak boleh Anda sentuh. Jumlah minimal tabungan darurat ini adalah sekitar 3x jumlah pengeluaran bulanan Anda dan pasangan. Jadi, jika Anda dan pasangan membutuhkan 3 juta untuk dana sehari-hari, berarti setidaknya ada 9 juta tersimpan di tabungan sebagai dana darurat. Buatlah buku tabungan tanpa ATM untuk anggaran satu ini agar Anda tidak bisa dengan mudah mencairkannya.

Dana Rumah Pertama

Jika setelah menikah Anda dan pasangan sudah memiliki rumah sendiri, maka anggaran ini bisa diskip ke anggaran selanjutnya. Tapi jika belum, maka dana ini merupakan salah satu yang perlu diprioritaskan. Kumpulkan uang dengan menggunakan investasi seperti emas karena nilai uang tunai akan terus tergerus inflasi sementara harga properti terus meningkat.

(Baca juga: Tips Mengatur Keuangan untuk Pengantin Baru)

Dana Kelahiran Anak

Jika Anda dan pasangan berencana untuk langsung memiliki anak, Anda memiliki waktu setidaknya satu tahun atau kurang setelah menikah untuk mengumpulkan dana kelahiran. Pastikan Anda memiliki dana yang cukup mulai dari biaya kelahiran hingga biaya keperluan bayi.

Dana Pendidikan Anak

Anak memiliki hak penuh untuk mendapat jaminan keamanan dan kenyamanan dari orangtuanya dalam segala sisi. Ini alasannya Anda tidak boleh menunggu anak Anda siap masuk sekolah untuk mengumpulkan dana pendidikan. Siapkan dana pendidikan bahkan sejak Anda merencanakan untuk punya anak. Ingat, menjadi orangtua bukan sekedar untuk lucu-lucuan dan main-main, tapi membutuhkan tanggung jawab yang besar dan serius. Maka siapkan segala sesuatunya dengan matang.

Dana Liburan

Liburan rutin bersama keluarga juga merupakan salah satu kebutuhan yang bisa mempererat kebersamaan dan ikatan keluarga. Sisihkan beberapa persen dari penghasilan untuk dana liburan agar Anda dan keluarga bisa mendapatkan liburan yang berkualitas dan menyenangkan setiap tahunnya.

(Baca juga: Pilihan Bulan Madu Di Indonesia Selain Pantai)

(Visited 187 times, 1 visits today)