4 Jenis Tabungan yang Harus Disisihkan Dari Penghasilan Tiap Bulan

148 views Leave a comment
4 Jenis Tabungan yang Harus Disisihkan Dari Penghasilan Tiap Bulan

Dailymoslem – Untuk menjaga stabilnya keuangan dan kehidupan finansial yang terencana, kita harus menyisihkan penghasilan setiap bulan untuk hal-hal yang kita perlukan dan juga untuk mempersiapkan masa depan. Bukan hanya kebutuhan hari ini, kita juga harus memikirkan kebutuhan di masa yang akan datang yang mungkin akan hadir tiba-tiba.

Setidaknya ada 4 pundi yang harus kita isi setiap bulannya agar kehidupan finansial kita dapat berjalan stabil dan kita tidak perlu kelimpungan jika sewaktu-waktu membutuhkan dana secara mendadak. Berikut adalah 4 jenis tabungan tersebut.

Tabungan Darurat

Tabungan yang satu ini wajib hukumnya untuk tetap terisi. Setidaknya, pundi tabungan satu ini harus terisi dengan jumlah tiga kali lipat dari jumlah pengeluaran kita setiap bulan. Misalnya, jika dalam sebulan kita menghabiskan Rp. 1 juta untuk kehidupan sehari-hari, maka tabungan darurat harus selalu ada minimal Rp. 3 juta.

Tabungan Pendidikan Anak

Sebagai orangtua, tentu kita ingin anak mendapat pendidikan yang layak dari mulai SD, SMP, SMA bahkan sampai ke universitas. Persiapkanlah tabungan pendidikan anak dari jauh-jauh hari, bahkan sejak anda dan pasangan mulai merencanakan untuk punya anak. Sisakan setidaknya 10-15% dari penghasilan bulanan untuk mengisi tabungan pendidikan anak.

(Baca juga: Cara Membagi Gaji Menjadi 4 Pos Pengeluaran)

Tabungan Untuk Orangtua

Sebagai anak, tentu kita juga ingin memberi yang terbaik dan membalas jasa orangtua, meski kita tak akan pernah bisa membalasnya dengan uang berapapun jumlahnya. Namun, ada beberapa orangtua yang menolak diberi uang bulanan oleh anaknya karena merasa khawatir anaknya akan kesulitan karena memberinya. Nah, kita bisa menyiasatinya dengan tetap menyisihkannya melalui tabungan untuk orangtua. Jika uang sudah terkumpul cukup banyak, kita bisa membelikannya sesuatu yang dibutuhkannya atau memberikan uang tersebut dan mengatakan kalau uang tersebut memang sudah kita sisihkan untuk diberikan kepada orangtua.

Tabungan Dana Pensiun

Satu lagi yang tak boleh dilupakan, yaitu tabungan untuk diri kita sendiri agar bisa bersantai dan memetik hasil dari kerja keras kita semasa muda, yaitu tabungan untuk dana pensiun. Agar uang yang kita kumpulkan tidak terkalahkan inflasi, investasikan tabungan satu ini pada emas atau properti.

(Baca juga: Cara Mengatur Tabungan untuk Dana Pensiun)

Nah, itulah 4 jenis tabungan yang harus kita miliki agar kehidupan finansial kita dapat berdiri stabil dan juga dapat menikmati hidup yang nyaman di masa tua kelak. Jangan lupa untuk menyisihkan 2,5% setiap bulannya untuk disedekahkan, karena sesungguhnya ada hak orang lain yang dititipkan Allah melalui rezeki yang kita dapatkan. Semoga bermanfaat!

(Visited 454 times, 1 visits today)