10 Tips Hemat yang Ampuh Buat Perempuan

112 views Leave a comment
10 Tips Hemat yang Ampuh Buat Perempuan

Dailymoslem РBagi kaum perempuan, mengatur pengeluaran dan menahan hasrat belanja merupakan suatu tantangan tersendiri. Biasanya penyesalan baru terjadi setelah sampai di rumah dengan berkantong-kantong belanjaan yang ternyata tidak begitu kita butuhkan. Nah, agar hal tersebut tidak terjadi, jalankan 10 trik berikut ini saat mengatur keuangan dan berbelanja.

Catatan Pengeluaran

Pastikan kamu punya catatan untuk setiap pengeluaran. Kalau perlu, kamu simpan semua bon belanjaan kamu agar bisa dihitung kembali saat di rumah. Dengan catatan pengeluaran yang teratur, kamu bisa melihat besaran perbandingan pengeluaran pemasukan dan pengeluaran kamu.

Belanja Saat Bahagia

Pilihan untuk belanja saat sedih dan bosan adalah pilihan yang salah, karena di saat seperti ini kita akan belanja membabi-buta untuk menyenangkan hati. Sebaliknya, berbelanjalah ketika suasana hati sedang bahagia, karena dengan hati yang bahagia maka kita bisa berpikir lebih jernih sebelum memutuskan untuk membeli setiap benda.

Utamakan Kualitas Daripada Kuantitas

Perempuan seringkali memilih benda yang harganya lebih murah dengan alasan dia bisa belanja lebih banyak. Namun, untuk hal-hal seperti tas, sepatu atau peralatan rumah tangga, sebaiknya perhatikan kualitas dibanding kuantitas. Jika Anda belanja murah tapi cepat rusak, bukannya nanti jadi boros juga?

Cerdas Menggunakan Kartu Kredit

Jika anda menggunakan kartu kredit, cerdaslah dalam membelanjakannya. Pengguna kartu kredit biasanya mendapatkan berbagai diskon dengan pembelanjaan menggunakan kartu kredit. Bijaklah dalam memilih diskon, jangan sampai terjebak pada diskon yang memang sepanjang tahun diadakan.

Diet Sehat

Kurangi jajan, perbanyaklah minum air putih dan makan sayur-sayuran yang tentunya lebih murah harganya ketimbang makanan junkfood atau cepat saji. Belanja sayuran di pasar induk juga bisa lebih murah, lho, dibanding belanja di supermarket. Hemat dan diet bisa dijalankan sekaligus.

Gunakan Asuransi

Beberapa orang mungkin menganggap asusransi adalah pemborosan, apalagi dengan jumlah yang harus dibayarkan setiap bulannya. Namun, saat kita sakit atau ada keperluan lain, kita bisa merasakan tagihan yang jauh lebih ringan dibanding jika kita tidak punya asuransi tersebut.

Menabung Di Awal Bulan

Agar bisa disiplin menabung, sisihkanlah uang di awal bulan saat jumlah gaji masih segar. Jangan lupa organisasikan juga jumlah tabungan agar semua kebutuhan dapat tercukupi dan keuangan tetap dalam kondisi sehat. Baca selengkapnya mengenai jenis-jenis tabungan yang harus kamu miliki di sini.

Belanja Di Akhir Bulan

Agar uang bisa awet, tahan diri untuk belanja di akhir bulan. Sisihkan sejumlah uang yang sudah dikurangi tabungan dan keperluan sehari-hari, uang itulah yang bisa kamu gunakan untuk belanja di akhir bulan nanti.

Trik Belanja 30 Hari

Saat Anda menemukan suatu item di mal yang anda inginkan dengan harga cukup mahal, jangan langsung beli benda tersebut. Tulis terlebih dulu informasi dari benda yang diinginkan tersebut, mulai dari harga hingga tempat membelinya. Terus cari informasi mengenai benda tersebut selama 30 hari baik dengan browsing maupun bertanya pada teman. Dalam 30 hari tersebut, siapa tahu Anda justru menemukan tempat untuk membelinya dengan harga lebih murah dan berkualitas. Atau jikapun tetap membeli di tempat anda pertama kali melihatnya, setidaknya Anda telah melalui observasi yang mendalam sebelum membelinya dan memastikan bahwa pilihan anda tepat.

Rencanakan Dana Pensiun

Merencanakan dana pensiun bisa menjadi salah satu motivasi untuk menyisihkan uang. Baca trik lengkap untuk menyiapkan dana pensiun di sini.

(Visited 310 times, 1 visits today)