10 Cara Berhemat yang Mungkin Tidak Terpikirkan Olehmu

206 views Leave a comment
10 Cara Berhemat yang Mungkin Tidak Terpikirkan Olehmu

Dailymoslem – Menghemat memang salah satu yang bisa kita lakukan untuk menjadi kaya. Dengan menghemat, kita bisa menambah pundi-pundi tabungan dan menambah investasi.

Hemat juga bukan hanya soal tidak membeli atau memilih barang yang lebih murah. Ada beberapa trik hemat yang bisa kamu lakukan untuk bisa menabung lebih banyak, misalnya 10 hal berikut ini.

Konsumsi Buah dan Sayuran Segar

Ada dua hal yang bisa kamu hemat dari mengonsumsi buah dan sayuran segar. Pertama, biaya ke dokter karena kamu bisa sehat dengan sayuran dan buah segar. Kedua, buah dan sayuran segar juga lebih murah, lho, dibanding makanan cepat saji yang justru bisa merusak kesehatan kamu. Jangan lupa lengkapi dengan karbohidrat dan protein ya, agar nutrisi tetap tercukupi.

Masak dan Buat Cemilan Sendiri

Biaya makan sehari-hari juga bisa kamu tekan jika kamu memasak sendiri di rumah dibanding beli makanan di warung atau jajan-jajan kecil kantin kantor. Meski hanya jajan kecil, jika dilakukan setiap hari kan bisa boros juga. Lebih baik bekal buah potong atau makanan yang kamu buat sendiri di rumah untuk cemilan.

Simpan Semua Struk Belanja

Agar kamu bisa melacak semua pembelanjaan kamu dan kamu juga bisa tahu berapa banyak kamu belanja, simpan semua struk belanja.

Catatan Keuangan Is a Must!

Selain struk belanja, kamu juga wajib punya catatan keuangan untuk setiap pemasukan dan pengeluaran yang kamu lakukan. Toh tidak semua pengeluaran dan tidak semua pembelanjaan dilengkapi dengan struk belanja.

Jaga Kesehatan Gigi

Ke dokter gigi enam bulan sekali akan jadi lebih murah, lho, ketimbang ke dokter gigi sekali dalam setahun tapi kamu harus melakukan banyak pengobatan karena gigimu yang rusak karena tidak dirawat.

Matikan Sebagian Besar Listrik Di Malam Hari

Di malam hari saat kamu tidur, matikan semua lampu dan listrik, tentunya kecuali lampu luar rumah kamu supaya rumahmu tidak disangka rumah kosong. Matikan berbagai keperluan listrik yang tak perlu saat malam seperti rice cooker, water heater di kamar mandi atau keperluan listrik lainnya.

Atur Waktu dengan Baik

Gagal mengatur waktu juga bisa berakibat pada keuangan. Misalnya jika kamu sering telat, maka kamu akan jadi lebih sering beli sarapan di luar.

Selalu Bekal Air Minum

Sebotol air minum memang sepele dan murah, tapi kamu bisa menghemat banyak jika bekal air minum setiap bepergian. Kamu juga bisa mengurangi sampah plastik.

Transaksi dengan Uang Cash Ketimbang Debet

Dengan berbelanja secara cash, kamu bisa lihat sendiri berapa uang yang kamu keluarkan dan berapa kembaliannya, sehingga, ketimbang transaksi secara debet yang hanya berupa angka-angka.

(Baca juga: Sudah Hemat Kok Belum Kaya Juga? Cari Tahu Jawabannya Di Sini)

Quality Over Quantity

Percuma saja kamu memilih barang yang lebih murah jika pada akhirnya cepat rusak dan kamu harus membeli yang baru dalam jangka waktu dekat. Lebih baik pilih yang sedikit lebih mahal tapi kamu bisa berhemat dalam jangka waktu yang panjang.

Bagaimana menurut Muslim Friends? Kamu punya cara lain yang lebih seru untuk berhemat? Yuk, share di kolom komentar di bawah ini.

(Visited 965 times, 1 visits today)