Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis Online

134 views Leave a comment
Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis Online

Dailymoslem – Bisnis online merupakan salah satu jenis bisnis yang banyak dipilih orang saat ini. Selain cara pemasarannya mudah dan cepat, bisnis online juga bisa dilakukan darimana saja, bahkan dari rumah.

Bisnis ini juga merupakan bisnis yang cocok untuk ibu rumah tangga yang ingin bekerja dari rumah. Namun, jika kita ingin serius meluncurkan sebuah produk yang bernilai jual dalam bisnis online ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Berikut ini tips dan trik untuk berbisnis online dari Reiner Rahardja, Founder & Executive Director of The Accelerator-Accelerating Entrepreneurs, seperti dilansir dari liputan6.com. Dia juga merupakan pendidik ilmu bisnis terapan nomor 1 di Indonesia yang berhasil menembus angka total penjualan lebih dari seperempat triliun rupiah di usia 26 tahun.

Harus Punya Website dan Media Sosial

Website dan media sosial merupakan modal utama untuk membangun bisnis secara online. Website dan media sosial ini ibaratnya seperti tempat atau lahan untuk kita membuka bisnis tersebut. Untuk website, Anda bisa menyewa hosting pertahun dengan tema online shop yang bisa didownload secara gratis ataupun berbayar. Untuk media sosial, buat yang lengkap mulai dari Facebook, Twitter, Instagram hingga Google+ yang bisa membuat halaman kamu mudah terbaca Google.

Corporate Branding dan Personal Branding Melalui Media Sosial

Selain membangun image perusahaan melalui akun media sosial khusus, kita juga perlu menerapkan image perusahaan tersebut di akun pribadi kita. Jika anda ingin menjadi pemimpin dari sebuah bisnis, hentikan menyebarkan berita hoax dan mencaci maki lewat media sosial. Meski tidak terus-terusan memposting tentang produk kita, isi postingan media sosial anda dengan hal-hal positif karena terkadang para pembeli juga ingin melihat sosok pemilik dari brand tersebut, dan biasanya mereka mencari tahu melalui media sosial.

Menjadi Brand Ambassador untuk Brand Sendiri

Sebelum kita membayar orang untuk mengiklankan dan menjadi brand ambassador dari produk kita, kita sendirilah yang harus lebih dulu menjadi brand ambassador dari brand kita. Misalnya dengan cara menggunakan produk kita dalam kehidupan sehari-hari dan membagikan keunggulannya di media sosial secara natural.

Info Lengkap Di Website

Saat orang memilih untuk mengklik alamat website, maka itu berarti orang tersebut ingin informasi yang lebih lengkap, bahwa ada pertanyaan-pertanyaan yang mungkin tidak terjawab dengan informasi di sosial media. Maka, semua informasi yang ada di website harus jelas dan lugas, mulai dari visi misi brand, impact dari produk yang kita jual, apa ruginya orang jika tidak menggunakan produk kita, jenis-jenis produk, bagaimana cara mengontak kita sampai di mana saja mereka bisa menemukan produk kita.

Testiomoni Video

Salah satu hal yang paling penting dan bisa membuat orang membeli produk kita adalah testimoni video atau yang sering kita lihat sebagai iklan di TV. Jika dalam bentuk tulisan dan nama saja, maka testimoni tersebut sangat mungkin terlihat palsu. Setidaknya pasang foto orang yang memberikan testimoni atas produk kita tersebut. Cantumkan testimoni ini di media sosial maupun website.

Partisipasi di Event dengan Booth

Meski kita hanya mengandalkan marketing online, sekali-kali bisa juga kita berpartisipasi dalam event dengan mengadakan booth. Info mengenai booth ini juga perlu kita blast di sosial media dan website sebagai salah satu cara marketing.

(Visited 190 times, 1 visits today)