Pilihan Bahan Cincin Kawin untuk Pengantin Muslim

3105 views Leave a comment
Pilihan Bahan Cincin Kawin untuk Pengantin Muslim

Dailymoslem – Cincin kawin merupakan salah satu elemen terpenting dalam pernikahan. Sama pentingnya seperti mas kawin, cincin kawin biasanya dikenal sebagai simbol pengikat kedua pengantin.

Namun, bagi kita kaum Muslim, laki-laki tidak diperbolehkan menggunakan cincin berbahan emas, baik itu emas kuning maupun emas putih. Hal ini tertulis dalam hadits yang disabdakan Rasulullah SAW.

Dari Abu Musa, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Emas dan sutra dihalalkan bagi para wanita dari ummatku, namun diharamkan bagi para pria.” (HR. An Nasai no. 5148 dan Ahmad 4/392. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Namun, bukan berarti laki-laki tidak boleh mengenakan cincin, karena Rasulullah pun mengenakan cincin dari perak di jari kanannya.

Anas bin Maalik radhiallahu ‘anhu berkata :

“Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memakai cincin perak di tangan kanan beliau, ada mata cincinnya terbuat dari batu habasyah (Etiopia), beliau menjadikan mata cincinnya di bagian telapak tangannya” (HR Muslim no 2094)

Nah, oleh karena itu, bagi kaum Muslim dan Muslimin yang hendak menikah dan ingin mengenakan cincin kawin, sebaiknya memilih bahan lain yang tetap berharga tapi tidak mengandung emas. Bahan cincin yang bisa anda gunakan untuk cincin kawin antara lain adalah cincin berbahan palladium, platina, atau perak.

Cincin Platina

Cincin berbahan platina ini digunakan oleh pasangan pengantin Chacha Frederica dan Dico Ganindito. Harga cincin berbahan platina atau platinum ini juga umumnya lebih mahal daripada cincin emas, karena bentuk dan kilaunya pun nampak lebih indah daripada emas kuning atau emas putih.

Cincin Perak

Bahan lain yang bisa digunakan kaum lelaki adalah cincin perak, seperti yang digunakan Rasulullah. Namun, harganya yang relatif murah juga mencerminkan kualitas bahannya yang memang perlu perawatan ekstra agar bisa tetap berkilau.

Cincin Palladium

Bahan yang paling direkomendasikan adalah bahan palladium yang harga per gramnya sama dengan harga emas. Dengan harga yang bersahabat tersebut, cincin palladium memiliki kualitas yang bagus, meski mungkin kilaunya tak seindah cincin platina.

Nah, itulah beberapa bahan cincin kawin yang bisa anda pilih untuk cincin kawin tanpa harus melanggar syariat Islam. Semoga bermanfaat.

(Visited 2,170 times, 11 visits today)