Subhanallah, Ini Pahala yang Diterima Suami Untuk Setiap Nafkah yang Diberikan Pada Istrinya

199 views Leave a comment
Subhanallah, Ini Pahala yang Diterima Suami Untuk Setiap Nafkah yang Diberikan Pada Istrinya

Dailymoslem – Sudah menjadi kewajiban seorang suami untuk memberi nafkah kepada istrinya, baik nafkah untuk kebutuhan bersama sehari-hari, maupun nafkah khusus kepada istri.

(Baca juga: Bedanya Uang Belanja dan Nafkah Istri)

Perintah untuk memberikan nafkah kepada istri juga disebutkan dalam Al-Qur’an. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman yang artinya:

“Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh Karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan Karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh Karena Allah telah memelihara (mereka). wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, Maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, Maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha besar.” (QS. An Nisa’ : 34)

Bahkan, pentingnya menafkahi istri juga mengalahkan pentingnya membelanjakan harta untuk perang di jalan Allah, seperti sabda Rasulullah:

“Satu dinar yang engkau belanjakan untuk perang di jalan Allah SWT dan satu dinar yang engkau belanjakan untuk istrimu, yang paling besar pahalanya ialah apa yang engkau berikan kepada istrimu.” (HR. Bukhari Muslim)

Dari hadist di atas dapat kita simpulkan bahwa seorang suami sebaiknya mendahulukan untuk menafkahi istrinya sebelum membelanjakan hartanya untuk berperang di jalan Allah. Jangan sampai seorang suami sibuk untuk berdakwah dan membelanjakan harta untuk berperang membela agama Allah, sementara anak istrinya sendiri terlantar.

Dari Sa’ad bin Abi Waqqash, Rasulullah Salallahu ‘alaihi wa Salam bersabda:

“Dan apa pun yang engkau nafkahkan maka itu teranggap sebagai sedekah bagimu sampaipun suapan yang engkau berikan ke mulut istrimu.” (HR. Al-Bukhari)

(Visited 1,578 times, 1 visits today)