Kewajiban Istri Sebenarnya Hanya 2 Hal Ini Saja

12677 views

Dailymoslem – Menjalani peran sebagai seorang istri mungkin terasa berat dan tidak ada habisnya. Pekerjaan rumah yang tidak pernah selesai, keperluan suami, apalagi jika harus mengurus keperluan anak-anak juga.

Tapi, tahukah kamu, sebenarnya istri hanya memiliki 2 kewajiban saja dalam rumah tangga. Jika dua hal ini sudah dipenuhi oleh seorang istri, maka lengkaplah tugasnya sebagai seorang istri yang sholehah. Berikut ini 2 tugas yang wajib dilakukan oleh seorang istri.

Mematuhi Suami

Tugas istri yang pertama adalah mematuhi suami. Jika kita memiliki suami yang menginginkan kita untuk mengerjakan semua pekerjaan rumah dan mengurus segala keperluannya dari yang terbesar hingga yang terkecil, tentu kita akan punya banyak beban.

Tapi, jika kita memiliki seorang suami yang menjunjung tinggi azas kerjasama sejak awal, maka kita bisa melakukan pekerjaan rumah bersama-sama dengan suami. Itulah pentingnya mengkomunikasikan hal ini bersama calon suami sebelum menikah.

(Baca juga: Inilah Sifat Istri Solehah yang Dapat Membawa Kebahagiaan Dunia Akhirat untuk Keluarga)

Namun, jika hal itu sudah terlanjur terjadi, misalnya kita terlanjur menikah dengan lelaki yang tidak mau membantu pekerjaan rumah, kita bisa mengkomunikasikannya dengan suami.

Katakan dengan lembut pada suami tentang Rasulullah yang selalu mengerjakan pekerjaan rumah bersama-sama dengan istrinya. Jika suami kita berpegang teguh pada agama, Insha Allah dia mau mendengarkan.

Membahagiakan Suami

Apa yang bisa membahagiakan suami? Apakah memasak makanan kesukaannya? Menyetrika rapi pakaiannya setiap hari? Atau mendengarkan keluh kesahnya setelah seharian beraktivitas sambil menikmati minuman hangat di malam hari? Lakukanlah hal yang membuat suami bahagia, agar kebahagiaan itu merambat di dalam rumah. Sesungguhnya istrilah yang bisa membangun kebahagiaan dalam rumah tangga dan istri pulalah yang memiliki kewajiban untuk menumbuhkan kebahagiaan di dalam rumah.

(Baca juga: Kebahagiaan Istri Adalah Kunci Kebahagiaan Keluarga)

Itulah 2 hal yang sebenarnya adalah tugas istri. Masak, mencuci atau membereskan rumah sebenarnya bukanlah tugas istri sendirian. Pekerjaan rumah itu sebenarnya adalah tugas suami, tapi jika suami meminta istri untuk membantunya mengerjakan pekerjaan rumah, tentu istri harus mematuhi.

Lagipula, tegakah kita membebankan pekerjaan rumah yang demikian banyak itu hanya pada satu orang saja?

(Visited 42,308 times, 1 visits today)