Jangan Menikah Jika Ini Alasan Kamu

205 views Leave a comment
Penelitian Membuktikan: Menikah Di Atas Usia 30 Tahun Lebih Rentan Perceraian

Dailymoslem – Menikah merupakan titik terpenting dalam kehidupan seseorang, titik permulaan untuk membangun keluarga dan rumah tangga yang diharapkan untuk menjadi seumur hidup. Oleh karenanya, keputusan menikah tidak boleh diambil secara sembarangan.

Apalagi, berbagai alasan tertentu bisa saja membuat seseorang ingin menikah padahal sebenarnya dia belum siap untuk melakukannya. Hal tersebut bisa berpengaruh ke kehidupan berrumahtangga nantinya, bahkan juga berpengaruh pada kebahagiaan kita sendiri saat menjalani pernikahan.

Jika alasan-alasan di bawah ini yang membuat kamu ingin menikah, mungkin kamu memang harus menunda dulu pernikahanmu..

Sudah Bosan dengan Status Single

Setiap orang pasti ingin punya pasangan untuk menemaninya menjalani hidup. Namun, bosan hidup single bukan alasan yang tepat untuk memutuskan menikah, karena orang yang akan bahagia dalam pernikahan adalah orang yang sudah bahagia dengan dirinya sendiri sebelum ia bertemu pasangannya. Kebahagiaan yang sesungguhnya datang dari dalam diri sendiri, bukan dari orang lain.

Dikejar umur

Untuk alasan satu ini, terkadang pikiran terlalu fokus pada target waktu dan usia, sehingga kita melupakan hal-hal penting lainnya yang seharusnya kita pertimbangkan untuk memulai pernikahan. 

Tuntutan Orangtua

Jika memang orangtua memberi tuntutan untuk segera menikah, berikanlah pemahaman bahwa jodoh adalah hak prerogatif Allah yang tidak bisa diganggu. Yakinlah, orangtua pasti akan menerima dan mencintai anaknya dalam kondisi apapun. Pastikan juga kamu menyampaikan kepada orangtua dengan sopan.

Karena Harta 

Harta adalah benda fisik yang hanya akan berguna jika kita menggunakannya dengan bijak. Pilihlah orang yang mau bekerja keras dan mau berdiskusi untuk merencanakan keungan bersama daripada memilih orang yang punya banyak harta tanpa pernah tau bagaimana mengatur dan menggunakannya dengan bijak.

Tekanan Sosial

Keinginan menikah juga biasanya dipicu oleh lingkungan sekitar, seperti teman-teman seusia yang sudah menikah lebih dulu. Mulai dari kecemburuan hingga lingkungan yang memberi tekanan secara langsung bisa menjadi penyebab orang ingin cepat-cepat menikah. Bebaskan pikiranmu dari hal ini karena apapun yang mereka lihat dari dirimu tak akan berpengaruh apa-apa pada kebahagiaanmu sendiri.

So, pikirkan dengan bijak keputusanmu untuk menikah, jangan sampai kamu baru menyadarinya dan menyesal setelah semua terjadi. Pada dasarnya, Allah menciptakan manusia berpasang-pasangan untuk menemukan kenyamanan satu sama lain, bukan untuk dipamerkan kepada lingkungan sosialnya.

(Visited 443 times, 1 visits today)