7 Cara Agar Hubungan Suami-Istri Tetap Hangat dan Ibadah Tetap Jalan Selama Ramadhan

3759 views
suami istri

Dailymoslem – Di bulan Ramadhan, selama sebulan penuh kita akan berpuasa menahan diri dari hawa nafsu dari terbit fajar hingga tenggelam matahari. Di malam hari, kita juga masih harus menjalankan ibadah lainnya seperti tarawih dan itikaf.

Oleh karena itulah, di bulan Ramadhan ini biasanya hubungan suami-istri harus sedikit dibatasi karena banyaknya ibadah yang harus dijalani.

Nah, agar hubungan antara suami-istri tetap terjaga selama Ramadhan, coba lakukan beberapa hal berikut ini.

Luangkan Waktu Bersama Pasangan

Di tengah kesibukan bekerja dan beribadah, jangan lupa untuk selalu luangkan waktu bersama pasangan di sela-sela waktu luang. Misalnya mengobrol tentang aktivitas seharian saat berbuka puasa berdua atau beberapa saat setelah sholat tarawih. Menyenangkan suami atau istri juga merupakan salah satu pintu keberkahan seorang muslim.

Usahakan untuk Selalu Sahur dan Buka Bersama Suami

Momen sahur dan buka puasa merupakan salah satu momen penting yang bisa mempererat hubungan dengan pasangan. Meskipun pekerjaan menumpuk dan banyak jadwal buka bersama dengan teman lama, pastikan waktu buka bersama suami dan istri lebih sering daripada buka puasa di luar rumah.

Memasak untuk Pasangan

Jika sedang banyak waktu luang, tidak ada salahnya memasak sesuatu yang spesial untuk buka atau sahur bersama pasangan. Selain momen berdua yang berharga, makanan yang sengaja anda masak khusus untuk pasangan akan menjadi sesuatu yang membuat pasangan anda merasa dicintai.

(Baca juga: Kewajiban Istri Sebenarnya Hanya 2 Hal Ini Saja)

Menolong Pasangan untuk Pekerjaan Sehari-hari

Meski tidak bisa berdua-duaan di siang hari, kita masih bisa menunjukkan perhatian dan kasih sayang kepada pasangan dengan menolongnya mengerjakan pekerjaan sehari-hari.

Beribadah Bersama Pasangan

Waktu-waktu romantis juga bisa diciptakan dengan beribadah bersama pasangan. Misalnya, membaca Qur’an selepas subuh bersama pasangan atau sholat malam berjama’ah bersama pasangan. Subhanallah, indahnya.

(Baca juga: Sifat Istri Sholehah yang Bisa Membawa Keluarga Pada Keselamatan Dunia Akhirat)

Berduaan dengan Suami Sepulang Itikaf

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

Dihalalkan bagimu pada malam hari puasa bercampur dengan isteri-isteri-mu, mereka itu adalah pakaian bagi kamu, dan kamu pun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi maaf kepada-mu. Maka sekarang campurilah mereka dan carilah apa yang telah ditetap-kan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri’tikaf dalam mesjid. Itulah laranganAllah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertakwa. (QS. 2:187)

Mendoakan Diam-Diam

Salah satu hal paling romantis yang bisa kita lakukan untuk pasangan adalah mendoakannya diam-diam. Meskipun tanpa sepengetahuan pasangan, ketulusan kita dalam do’a pasti akan sampai pada pasangan karena ketika kita melakukan sesuatu dengan tulus Allah pasti sudah menyiapkan balasannya untuk kita. Sesuatu yang dilakukan dengan hati pasti akan sampai kepada hati.

Selamat menyambut Ramadhan!

(Visited 8,610 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS